PoliticaWave Media Perekam Percakapan Pengguna Jejaring Sosial

PoliticaWave Media Perekam Percakapan Pengguna Jejaring Sosial 


Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin terbarukan dan pesat menjadikan media jejaring social seperti twitter, facebook semakin meningkat jumlah penggunanya.

Hal ini terbukti ketika PoliticaWave.com melakukan pemantauan secara sistematis percakapan di media social misal Twitter dengan topic bakal calon Gubernur DKI, Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli menjadi bahasan yang hangat diperbicangkan oleh pengguna jejaring social twitter.

Hal ini disampaikan oleh CEO PT Media Web Interaktif, Yose Rizal dalam acara peluncuran laman PoliticaWave di Warung Daun, CIkini Jakarta Selasa (1/5)

"Melalui politicawave, pengguna jejaring sosial bisa mengetahui siapa yang paling tinggi di jejaring sosial seperti twitter, facebook, blog, forum dan news. Pembahasan isu politik di jejaring sosial ternyata mampu menunjukan kedinamisan dan keaktifan calon pemilih pada pemilhan Gubernur DKI Jakarta," ujar Yose Rizal

Yose Rizal juga menambahkan bahwa data yang dikumpulkan politicawave sifatnya real time. Percakapan di situs jejaring sosial langsung terekam sehingga bisa diketahui pengunjung situs ini.

Berdasarkan riset pertamanya, pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sempat mendominasi dalam percakapan di situs jejaring sosial pada awal April 2012.

Namun menjelang akhir April, pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli berada di urutan teratas sebagai bakal calon yang paling sering diperbincangkan. Yose mengungkapkan naiknya posisi pasangan ini karena keduanya seringkali diwawancarai di televisi termasuk gencar melakukan kampanye menggunakan twitter.

"Tapi dalam hal ini Foke dan Nachrowi perbincangannya negatif," ujar Yose. Yose Rizal menjelaskan, pada awal April, percakapan tentang pasangan Jokowi-Ahok adalah yang paling "berkuasa" di Twitter dan Facebook.

Namun kini keadaan berbalik 180 derajat. Sementara itu Daru Priyambodo, Pemimpin Redaksi Tempo.co, dalam kesempatan yang sama menambahkan, banyaknya percakapan bukan satu-satunya ukuran. Salah satu ukuran lainnya adalah seberapa positif percakapan itu. Dia mencontohkan, banyak pengguna Twitter yang menulis,"Mari kita dukung Foke menjadi mantan gubernur. Pesan Twitter semacam ini bernada negatif. 


http://www.pedomannews.com/techno-net/12788-politicawave-media-perekam-percakapan-pengguna-jejaring-sosial

0 komentar:

Posting Komentar