Dzikir Akbar Sedunia di Hari Arafah

Dzikir Akbar Sedunia di Hari Arafah


Ibadah haji merupakan peristiwa yang sungguh luar biasa. Sekitar tiga juta umat Islam dari hampir semua negara di dunia bertemu untuk melakukan wukuf di Arafah.

Mereka semua mengenakan pakaian ihram berwarna putih tanpa perhiasan apa pun, dan hanya beralas kaki sandal jepit. Semua datang untuk bertobat kepada Allah SWT, memenuhi panggilan Nabi Ibrahim AS. (QS. 22:27).

Meskipun tidak dapat dibedakan antara pejabat tinggi dan rakyat kecil, antara yang kaya dan yang miskin, tetapi dari pancaran wajah masing-masing dapat diketahui siapa yang mewakili bangsa yang sudah berada di alas garis kemiskinan dan siapa yang bangsanya masih bergulat di bawah garis kemiskinan, siapa yang mewakili bangsa yang sudah maju dan siapa yang bangsanya masih tertinggal jauh.

Terlihat bahwa umat Islam sedunia masih menghadapi banyak persoalan besar yang memerlukan pemecahan bersama.

Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertakwa kepada Aliah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqaan (petunjuk), dan Dia akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan mengampuni dosa-dosamu,dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS. Al-Anfaal: 29).

Di Arafah, Allah SWT mengabulkan semua permohonan ampunan dan rahmat-Nya. Apabila seluruh umat yang wukuf di Arafah itu tidak hanya memohon ampunan dan berkah bagi diri masing-masing, tetapi secara bersama-sama memohon petunjuk Allah SWT untuk mendapatkan jalan pemecahan persoalan-persoalan besar yang sedang dihadapi umat Islam sedunia. Alangkah dahsyatnya apabila permohonan itu dikabulkan.

Allah SWT berfirman, “Tidaklah berdosa bagi kamu untuk mencari karunia dari Tuhanmu. Maka apabila kamu berangkat dari Arafah (selesai wukuf), maka berdzikirlah kamu kepada Allah di Masy’aril Haram (tempat-tempat suci).” (QS. Al-Baqarah: 198).

Maka apabila pada saat mabit di Muzdalifah para tokoh besar ulama dan cendekiawan yang mewakili umat Islam berbagai bangsa itu dapat berkumpul dalam satu tenda besar, kemudian membahas masalah-masalah besar umat Islam untuk menghadapi tantangan masa depan, lalu diakhiri dengan dzikir akbar bersama demi kemaslahatan umat Islam sedunia, alangkah dahsyatnya.

Solidaritas umat Islam sedunia akan dapat digalang. Sikap dan program kerjasama menghadapi tantangan masa depan akan dapat dikukuhkan. Dzikir akbar ini pasti akan didengar Allah SWT. Apabila pertemuan dan dzikir akbar ini dapat diselenggarakan setiap musim haji, Insya Allah umat Islam akan dapat mengejar ketinggalannya.


http://www.jurnalhaji.com/2012/05/07/dzikir-akbar-sedunia-di-hari-arafah/

0 komentar:

Posting Komentar