Cara Muslim Nigeria Hapus Pencitraan Negatif terhadap Islam

Cara Muslim Nigeria Hapus Pencitraan Negatif terhadap Islam


Pencitraan negatif terhadap Islam membutuhkan peranan muslim untuk aktif memberikan pemahaman yang benar. Kondisi itu dipahami betul oleh muslim Nigeria. Mereka sadar, perlu ada gerakan berkesinambungan guna meluruskan kekeliruan tentang Islam dalam masyarakat Nigeria.

Organisasi Gerakan untuk budaya Islam dan Kesadaran (MICA), misalnya. Mereka, baru-baru ini, meluncurkan kampanye bertema "Dakwah dengan Tanggung Jawab Sosial". Melalui kampanye tersebut, mereka melaksanakan beragam kegiatan sosial.

"Umat Islam perlu bergerak secara aktif untuk memberikan pemahaman dan perubahan tentang Islam melalui berbagai kegiatan positif.  Ia percaya universalitas persaudaraan antar manusia akan tercapai bila muslim meniru Nabi Muhammad SAW yang menampilkan karakter Islam melalui prilaku sehari-hari," papar sekretaris eksekutif MICA Mallam Sulaiman Olokodana seperti dikutip onislam.net, Rabu (9/5).

Sebagai contoh, kata Olokodana, pihaknya telah menyiapkan penyajian paket kesehatan untuk anak-anak di LASUTH (Lagos State Teaching Hospital). Hal lain yang dilakukan adalah perbaikan masjid di Lagos.

Olokodana mengatakan kelompoknya juga membidik kampanye untuk membentuk lingkungan yang lebih baik dan lebih aman, yakni dengan menekan para pejabat terpilih untuk menunjukkan contoh yang baik atau mengundurkan diri bila tidak mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat umum.

"Jika Islam menyerukan masyarakat untuk tertib dan bebas korupsi, adalah tanggung jawab kita sebagai umat Islam untuk tidak hanya berkata saja tetapi juga berbuat," kata dia.

Olokodana mengatakan kampanye ini akan melibatkan pula organisasi Islam lainnya. Harapannya, gerakan ini bukan hanya dilakukan satu kelompok tapi menyertakan seluruh muslim untuk bersama-sama menciptakan pemahaman tentang Islam, dan menanamkan budaya dan nilai-nilai Islam.

"Kami tentu mengharapkan tidak sendirian saja. Kami harapkan kegiatan ini merupakan gerakan bersama umat Islam untuk perubahan lebih baik," ujarnya.

Didirikan pada tahun 1994, MICA adalah asosiasi para profesional Muslim muda, lulusan universitas dan mahasiswa. Organisasi ini bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai Islam. Seiring perkembangannya, kelompok ini memiliki peranan besar membantu keluarga muslim Nigeria memperoleh pendidikan yang layak.


http://id.berita.yahoo.com/cara-muslim-nigeria-hapus-pencitraan-negatif-terhadap-islam-064406149.html

0 komentar:

Posting Komentar