Resep Jadi Inovator Andal

Resep Jadi Inovator Andal


Membuat sebuah inovasi saja, itu hal yang tergolong mudah. Namun, membuat sebuah inovasi yang menjawab permasalahan banyak orang, sekaligus meraup keuntungan dari penjualan produk inovasi, tak banyak yang bisa melakukannya.

Joshua Simanjuntak, salah satu juri Black Innovation Awards 2012 (BIA 2012) berbagi resep bagaimana menjadi inovator andal. Ia mengungkapkan, inovasi yang baik hanya bisa dihasilkan bila inovator memahami produk sehingga mengetahui dengan pasti permasalahannya.

"Jadi, berusahalah mengenal produk yang akan didesain. Kita bisa saja hanya berkarya dan berfantasi, tetapi apakah kita mengenal produk tersebut," katanya saat ditemui Kompas.com sebelum BIA 2012 Awarding Night, Sabtu (29/9/2012).

Joshua mengungkapkan, salah satu yang harus dikenali sebelum mendesain adalah material. Menurutnya, banyak inovator belum menguasai pemilihan material sehingga produk yang dibuat tidak berfungsi seperti desainnya.

Terkait inovasi peserta BIA 2012, Joshua mengungkapkan bahwa desain dan pemilihan material sudah lebih baik. Banyak inovasi juga berpeluang mendapatkan paten ataupun paten sederhana. Namun, ia masih melihat beberapa kekurangan.

"Banyak dari peserta yang melihat permasalahan dari satu sisi yang sangat spesifik. Saya sebagai juri sebenarnya mengharapkan produk-produk yang bisa semua orang pakai," kata Joshua yang pernah menjadi desainer di Tom Dixon, Inggris.

Joshua menuturkan, dalam berinovasi, inovator perlu melihat masalah yang lebih luas sehingga produk yang dihasilkan benar-benar bisa dipakai banyak orang. "Seharusnya inovasi lebih general, berkaitan dengan masalah banyak orang," paparnya.

Lebih lanjut, untuk mewujudkan inovasi menjadi uang, Joshua mengungkapkan perlunya inovator memiliki mental pengusaha. Setelah inovasi jadi, inovator perlu mematenkan dan berani memproduksi sendiri atau bekerja sama dengan wirausahawan.

"Inovator melihat masalah orang banyak dan berupaya memikirkan solusinya. Tapi kalau solusinya hanya ada di gudang, apa gunanya inovasi?" katanya. 


http://sains.kompas.com/read/2012/10/01/1738546/Ini.Resep.Jadi.Inovator.Andal

0 komentar:

Posting Komentar