Eksotisme Pulau Menjangan

Eksotisme Pulau Menjangan


Pulau kecil di Taman Nasional Bali Barat ini punya pesona luar biasa. Anda bisa merasakan perpaduan antara budaya, seni, dan tentu saja alam yang menggoda. Di Pulau Menjangan, waktu seakan tak pernah cukup untuk menjelajahinya.

Pulau Menjangan, secara administratif teretak di dalam Kawasan Taman Nasional Bali Barat. Apabila Anda mengambil titik start dari Denpasar, dibutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan darat menuju Labuan Lalang. Bila pelancong mengambil titik keberangkatan dari pelabuhan Gilimanuk, maka waktu tempuh tak lebih dari setengah jam perjalanan.

Dengan menggunakan angkutan umum rute Gilimanuk–Singaraja, kita dapat menikmati suguhan hutan di kawasan Taman Nasional Bali Barat yang eksotis. Jalanan yang mulus dan tidak terlalu ramai, membuat kita seakan berada di suatu daerah yang berbeda. Tarifnya pun cukup bersahabat, cukup Rp 10.000 saja.

Labuan Lalang adalah pelabuhan penyeberangan umum yang digunakan untuk menyeberang menuju Pulau Menjangan. Untuk menyebrang, kita bisa menggunakan perahu dengan kapasitas 10 sampai 12 orang. Perahu ini dapat disewa oleh guide sekitar, dengan harga Rp 300-400 ribu.

Untuk solo traveler, bisa menggunakan sistem sharing atau berbagi perahu dengan pelancong lain agar harga yang didapat juga bersahabat. Untuk seorang solo traveler yang hendak menyeberang, dibutuhkan biaya sekitar Rp 150-200 ribu yang meliputi sewa kapal, alat snorkeling, guide, dan tiket masuk ke Pulau Menjangan.

Setalah kurang lebih 45 menit, keindahan pantai dan bawah laut menuju Pulau Menjangan sangat memanjakan pemandangan siapapun yang datang. Bagi penggemar snorkeling, berenang di antara gerombolan ikan warna-warni, melihat karang yang masih bagus, serta bintang laut yang bertebaran, tampaknya akan menyisakan pengalaman yang berkesan.

Belum lagi kontur Pulau Menjangan yang unik. Pantai landainya dihiasi karang, dan langsung membetuk palung yang sangat dalam. Sensasi berenang di atas palung yang tidak terlihat tentulah membuat adrenalin meningkat!

Bagi penggemar diving, bisa dikatakan Pulau Menjangan merupakan salah satu dive spot terbaik dengan dinding karang dan tantangan yang menarik. Mau snorkeling atau diving, Menjangan bisa memberikan keduanya.

Selain  kaya dengan pesona alamnya, Pulau Menjangan juga memiliki pura yang masih digunakan sebagai tempat sembahyang pemeluk agama Hindu. Bahkan, di sana ada juga pura yang memiliki Patung Ganesha berukuran besar. Letaknya yang berada di pinggir pantai membuat keberadaan pura dan Patung Ganesha terlihat semakin eksotik.

Batas waktu yang ditetapkan selama 4 jam untuk menikmati keindahan Pulau Menjangan tampaknya masih sangat kurang. Rasanya, keindahan Pulau Menjangan masih memanggil-manggil para traveler untuk kembali menyambangi lagi.


http://travel.detik.com/read/2012/10/01/204038/2051090/1025/eksotisme-pulau-menjangan-di-bali-barat?991104topnews

0 komentar:

Posting Komentar