Bendera Kusam di Lobby Gedung Markas PBB

Bendera Kusam di Lobby Gedung Markas PBB


Anda tahu apa pemandangan yang baru di auditorium markas PBB kecuali jendela kaca besar biru ciri khas lobby utama PBB? Di dinding samping kaca biru tersebut terdapat bendera PBB dibingkai besar. Berpigura apik berkaca bening dan ditempel di dinding marmer yang juga bening dan bersih.

Bendera itu kusam karena banyaknya kotoran dan debu yang menempel dan menimpa logo PBB tepat ditengahnya. Bahkan di bagian tengah ada beberapa lobang sobekan yang semakin melahirkan banyak tanda tanya, histori apakah yang tersimpan di bendera itu?. Kenapa bendera kusam itu diperlakukan layaknya barang antik yang menarik perhatian pengunjung.

Sepertinya memang sengaja tak dicuci. karena bila dicuci akan menghilangakan nilai sejarah yang menempel dibendera itu. Mau tahu sejarahnya?

Bendera ini memang bukan bendera PBB biasa. Ia menjadi saksi bisu perang di Irak. Tepatnya di saat transisi demokrasi di Irak.

Ceritanya, bendera itu dipungut dari tempat yang porak poranda akibat pengeboman. Persisnya bendera itu diambil tanggal 19 Agustus 2003 dari lantai Hotel Canal, Baghdad. Saat itu, hotel Canal jadi pusat missi PBB di Irak. Bendera ini dianggap khusus karena ia berkibar di Markas besar PBB di hotel Canal, Irak.

Selama beberapa tahun Canal hotel telah menjadi pusat utama aktivitas PBB di Irak. Melayani berbagai kegiatan baik untuk inspektur pengawasan senjata PBB dan kegiatan kemanusiaan PBB. 

Sejak Juni 2003 misi bantuan di Irak dipimpin perwakilan khusus sekjen PBB, Sergio Vieira De Mello yang bekerja dari Canal hotel. Tugasnya adalah membantu proses politik di Irak dan koordinasi bantuan kemanusiaan serta membawa Irak lepas dari otoritarianisme Saddam Hussein dan keluar sebagai negara demokratis.

Dan, tepat 19 Agustus Canal hotel dibombardir. Pemboman itu membawa duka mendalam bagi segenap staf di misi PBB karena menewaskan 22 petugas termasuk perwakilan khusus sendiri, Sergio Vieira De Mello.

Robeknya bendera tersebut menjadi saksi dari kisah pengeboman yang memporak porandakan Canal Hotel. Karenanya, bendera tersebut dipajang dengan judul "Jatuh Demi Tegaknya Perdamaian" berikut daftar ke 20 pejabat PBB tersebut tertoreh disamping bendera.

Bendera itu diletakkan persis di lobby markas PBB, disebelah patung peringatan Count Folke Bernadotte dari swedia yang terkenal itu. Bernadotte adalah mediator PBB untuk perdamaian Palestina. Seperti diketahui Bernadotte adalah seorang tokoh kemanusiaan, internasionalis dan humanitarianis yang mengabdikan dirinya pada misi PBB. Bernadotte dibunuh di Jerusalem 17 September 1948 ketika menjalankan misinya untuk perdamaian Palestina.


http://jaringnews.com/seleb/hangout/23911/kisah-bendera-kusam-di-lobby-gedung-markas-pbb-new-york

0 komentar:

Posting Komentar