Peringkat Indonesia di Indeks Negara Gagal Naik

Peringkat Indonesia di Indeks Negara Gagal Naik


Peringkat Indonesia di Indeks Negara Gagal naik dari peringkat 64 ke 63. Hal itu buruk karena semakin kecil peringkat negara di indeks tersebut berarti negara itu dalam perjalanan menjadi negara gagal. Peringkat satu di Indeks Negara Gagal masih ditempati oleh Somalia dan Republik Demokratis Kongo di posisi dua.

Fund for Peace, lembaga yang membuat indeks tersebut, menyebut posisi Indonesia memburuk karena tiga hal. Pertama adalah tekanan demografis. Tekanan demografis ini terjadi karena masalah degradasi lahan serta tergusurnya warga karena masalah lingkungan.

Permasalah kedua adalah ketidakpuasan kelompok. Ketidakpuasan kelompok terjadi karena di Indonesia bergulir banyak aksi demonstrasi serta kekerasan terhadap kelompok-kelompok minoritas. Yang ketiga masalah tekanan sosial akibat melebarnya jurang antara yang kaya dan yang miskin.

Di Indeks Negara Gagal tersebut, Indonesia menduduki peringkat lima di antara negara-negara Asia Tenggara. Negara Asia Tenggara yang peringkatnya lebih buruk dari Indonesia adalah Timor Leste, Kamboja, Filipina, dan Laos. Negara Asia Tenggara terbaik adalah Singapura yang menduduki peringkat 157 yang masuk dalam kelompok negara stabil.


http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/06/20/95451/Peringkat-Indonesia-di-Indeks-Negara-Gagal-Naik

0 komentar:

Posting Komentar