Kenalkan Dokter Gigi pada Anak Sejak Dini

Kenalkan Dokter Gigi pada Anak Sejak Dini


Kesehatan gigi termasuk salah satu yang harus diperhatikan. Terlebih pada anak-anak, kesehatan gigi sebaiknya diperhatikan sejak dini. Hal ini juga yang diterapkan oleh Baby House, Playgroup dan Taman Kanak-Kanak " Citra Kusuma " kepada anak didiknya pada, Sabtu (16/6). Sekitar 34 siswa Citra Kusuma di Asemrowo Sekolahan 15 Surabaya mengikuti pemeriksaan gigi. Melalui kegiatan ini, petugas dari Puskesmas Asemrowo ingin mengajarkan kepada para siswa, pentingnya menjaga kesehatan gigi. Pasalnya, gigi anak-anak memiliki fungsi penting sebagai pemandu tumbuhnya gigi dewasa.

" Dengan kata lain, gigi anak menjaga ruang tumbuh bagi gigi tetap atau gigi dewasa. Untuk itu, gigi anak tidak boleh dicabut sembarangan sebelum waktunya, " ungkap Drg. Nurhayati (25) di sela-sela kesibukannya memeriksa gigi Aura Diva Angela Lovely Rorong (4), siswa Playgroup B. " Seperti Aura ini, kebersihan gigi dan mulutnya bagus. Tentu saja, hal ini membutuhkan peran serta orangtuanya. " Anak-anak seharusnya sudah dilatih untuk merawat giginya sejak dini dengan cara menggosok gigi dengan baik dan benar. Lalu kendalikan juga pola konsumsi atau makan anak. Beritahukan pada anak tentang jenis-jenis makanan yang bisa merusak gigi dengan mudah," tandas dokter lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga 2010 ini.

Para orangtua sebaiknya jangan menggunakan kata larangan pada anak untuk memakan makanan manis yang disukainya. Karena, walau bagaimanapun juga, makanan manis memegang peran penting untuk memasok kalori. Hanya saja, beritahukan pada anak bahwa konsekuensi makan makanan manis adalah memiliki gigi yang bersih yaitu dengan menggosok gigi teratur. " Minimal, gosok gigi, sehari dua kali, yakni pagi hari dan menjelang tidur malam. Dan usai mengkonsumsi makanan manis, usahakan pada anak untuk berkumur-kumur untuk mengurangi kerusakan gigi, " sarannya.

Menurut Kepala Baby House, Playgroup dan Taman Kanak-kanak Citra Kusuma Widyani Kusumayanti, kegiatan pemeriksaan kesehatan gigi ini dilakukan setiap semester, pada Desember dan Juni. Menurut pendidik ini, sekolah tidak hanya memberikan pengajaran kepada anak didiknya. Namun menjaga kesehatan juga penting. Karena itu, enam bulan sekali, kondisi kesehatan siswa wajib diperiksa. " Selain itu, program kami adalah memperkenalkan dokter gigi kepada anak-anak sejak dini. Jangan sampai anak memiliki pikiran bahwa pergi ke dokter gigi adalah menyakitkan, " jelas pengajar lulusan Universitas Surabaya 2000 ini.

Pasalnya, pentingnya pengenalan dokter gigi pada anak sejak dini di mana anak belum merasakan sakit gigi. Sehingga sebelum ada gangguan pada gigi maka akan membentuk image yang berbeda tentang dokter gigi dibandingkan pergi ke dokter gigi saat anak merasakan sakit gigi. Sementara itu, Aura Diva Angela Lovely Rorong (4) tidak merasa takut saat Drg. Nurhayati menyuruh membuka mulutnya lebar-lebar dan memasukkan alat periksa gigi berupa kaca. Bahkan, siswa Playgroup B ini sempat memperlihatkan giginya yang berbaris rapi dan putih ini. " Aura rajin gosok gigi, Bu Dokter, " kata putri pertama pasangan Daniel Lukas Rorong dan Suci Ernawati ini dengan polosnya. Mendengar celotehan Aura, Drg. Nurhayati pun mengacungkan jempol tangan kanannya sembari berkata, " Good job, Aura. "


http://citizen6.liputan6.com/read/413612/kenalkan-dokter-gigi-pada-anak-sejak-dini

0 komentar:

Posting Komentar