Anak Obesitas Lebih Susah Belajar Matematika

Anak Obesitas Lebih Susah Belajar Matematika


Selain punya risiko mengidap masalah kesehatan lain seperti asma dan diabetes, ternyata masalah lain juga mengintai anak yang menderita obesitas atau kegemukan.

Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam Jurnal Child Development di Amerika Serikat menemukan bahwa anak obesitas bakal punya masalah belajar. Mereka harus berjuang dan belajar lebih keras terutama untuk mata pelajaran matematika.

Peneliti dari tiga universitas di Amerika Serikat menemukan bahwa anak yang kelebihan berat badan dari usia 3-9 tahun memiliki hasil tes buruk pada pelajaran matematika dibanding teman mereka yang bertubuh langsing. Penemuan itu menunjukan bahwa obesitas juga terkait dengan prestasi akademis anak.

“obesitas pada tahun pertama sekolah, terutama dari tingkat sekolah dasar, bisa membahayakan kinerja sosial dan emosional anak-anak termasuk dalam hal akademis mereka.” Ungkap ketua peneliti Sara Gable dari the University of Missouri, Columbia

Para peneliti mengatakan dalam hal belajar matematika, anak laki-laki dan perempuan obesitas lebih susah karena mereka cenderung lebih mudah merasa sedih, kesepian dan lebih cemas.


http://www.sehatnews.com/2012/06/21/anak-obes-lebih-susah-belajar-matematika/

0 komentar:

Posting Komentar