Bayi Kembar Risiko Lebih Tinggi Meninggal di Tahun Pertama

Bayi Kembar Risiko Lebih Tinggi Meninggal di Tahun Pertama


KELAHIRAN kembar ternyata menyimpan ancaman tertentu pada bayi yang bersangkutan. Pasalnya, bayi tersebut memiliki risiko lima kali lebih untuk meninggal di tahun pertama.

Menurut Office for National Statistics (Badan Statistik Nasional) di Inggris, bayi kembar dua dan kembar tiga memiliki lima kali lebih risiko meninggal dalam tahun pertama kehidupan mereka dibandingkan dengan bayi yang tak kembar.

Data pada 2009 mengungkapkan bahwa dari 706.248 bayi yang lahir, sebanyak 3.180 bayi meninggal sebelum ulang tahun pertama mereka (rata-rata 4,5 kematian per 1.000 kelahiran). Angka kematian bayi kembar ialah 20,4 kematian per 1.000 kelahiran, sedangkan angka kematian bayi tak kembar ialah 4,0 kematian per 1.000 kelahiran.

Tingkat mortalitas yang tinggi pada bayi kembar kemungkinan disebabkan berat badan bayi kembar lebih sedikit jika dibandingkan dengan bayi tunggal. Kehamilan kembar dapat menyebabkan komplikasi termasuk keguguran, kelahiran prematur, berat badan bayi yang rendah, cerebral palsy, dan kematian.

Sebuah penelitian terbaru dari Birmingham University juga menemukan bahwa orangtua dari bayi kembar lebih mungkin untuk bercerai. Mereka menemukan hampir sepertiga pasangan dengan anak kembar bercerai, sedangkan kurang dari seperempat pasangan dengan bayi tunggal bercerai.

Biaya tambahan untuk menyokong kehidupan kelahiran kembar sering menyebabkan kesulitan keuangan pada pernikahan dan diklaim sebagai penyebab perceraian.


http://health.okezone.com/read/2012/06/22/482/652188/bayi-kembar-risiko-lebih-tinggi-meninggal-di-tahun-pertama

0 komentar:

Posting Komentar