Ibu Harus Belajar Kesehatan

Ibu Harus Belajar Kesehatan


Ibu berperan penting dalam mengatasi masalah berat badan kronis atau severely underweight yang dialami  18 persen balita Indonesia. Umumnya, masalah ini dihadapi sekitar 30 juta atau 12,4 persen penduduk Indonesia yang masih berada di garis kemiskinan.

Hal ini disampaikan oleh dr. Nila Moeloek SpM(K) selaku Kantor Utusan Khusus Presiden RI (KUKPRI), Senin (5/6/2012), di Kantor SIKIB, Jakarta.

"Kalau kita mau hamil, harus rencanakan sebaik-baiknya. Misal kalau sakit ya jangan punya anak dulu. Karena tidak baik bagi dirinya sendiri dan anaknya," ujar Nila di acara Kerjasama Strategis KUKPRI-MDGs dengan Indoofood.

Pengetahuan kesehatan harus diketahui sang ibu, minimal kesehatan dasar. Pasalnya melalui informasi kesehatan, seorang ibu dapat mengambil keputusan atau mendiskusikan berkaitan kesehatan dengan tenaga medis.

"Jadi pendidikan itu penting. Bukan pendidikan di sekolah, terobosannya pendidikan informal. Ibu-ibu bisa belajar kesehatan dari media, misalnya," jelasnya.

Nila menyontohkan, para ibu di rumah atau bekerja dapat memeroleh informasi kesehatan tentang bagaimana cara hidup sehat, makanan sehat, atau cara masak yang sehat. Ibu yang sehat mampu merawat anaknya dengan sehat pula.

"Sebenarnya seorang ibu harus sehat sejak dia masih remaja, termasuk dia harus tahu bahaya narkoba," tandasnya.


http://www.tribunnews.com/2012/06/04/seorang-ibu-harus-belajar-kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar