Tebu Jadi Gula Merah

Tebu Jadi Gula Merah


Pada umumnya, gula merah terbuat dari kelapa, ataupun dari buah aren. Namun gula merah yang dihasilkan oleh petani di Desa Tanjung Baik Budi Kecamatan Matan Hilir Utara, gula merah yang mereka buat berasal dari tebu, bagaimana prosesnya?.

Benda padat yang dikemas dalam mangkuk plastic tersusun rapi di sudut stan KTNA yang terdapat di Ketapang Expo. Kemasan tersebut merupakan gula merah yang diroduksi secara mandiri oleh petani di Desa Tanjung Baik Budi.

“Ide untuk membuat gula merah dari tebu ini karena banyaknya masyarakat yang menanam tebu di daerah tersebut, sementara mereka kesulitan menjualnya karena hanya dimanfaatkan untuk membuat es tebu, daripada dijual dengan harga murah lebih baik dibuat gula merah,” kata Wakil Sekretaris KTNA Ketapang Hartono saat ditemui Tribun Selasa (19/6/2012).

Hartono mengatakan, untuk sementara ini gula merah yang dihasilkan masyarakat di sana merupakan produksi rumahan, karena itu pula gula yang diproduksi masih sangat terbatas. Hal ini disebabkan karena minimnya peralatan yang dimiliki oleh masyarakat.

“Selama ini alat yang dipakai petani, sama seperti penjual tebu, harusnya lebih besar lagi supaya hasilnya bisa lebih banyak, kedepan kita akan coba ajukan untuk pengadaan di sana,” tandasnya.

Kedepan para petani ini berharap hasil produksi gula merah tebu di daerah Tanjung Baik Budi lebih besar lagi, untuk itulah KTNA perlu mempromosikan produksi gula merah tersebut pada pameran Ketapang ekspo.

“Nanti kalau pemasarannya sudah bagus, tentu saja produksi akan ditingkatkan, untuk mencapai itu tentu saja dibutuhkan peralatan yang menunjang, kami dari KTNA akan berusaha mengajukan bantuan untuk pengadaan alat penggiling tebu,” tandasnya.


http://www.tribunnews.com/2012/06/19/sulap-tebu-jadi-gula-merah

0 komentar:

Posting Komentar