Kepik Tanpa Kepala

Kepik Tanpa Kepala


Kalau tokoh film Hollywood "Sleepy Hollow" adalah orang tanpa kepala menunggang kuda, maka di Montana Amerika Serikat ada kepik tanpa kepala.

Serangga temuan baru ini menyembunyikan kepalanya ke tenggorokan. Temuan ini berarti spesies dan genus baru.

Ross Winton menangkap serangga ini pada tahun 2009 di perangkap yang dia buat di gundukan pasir saat masih menjadi mahasiswa di Montana State University.

Winton, yang kini teknisi untuk kehidupan alam bebas di Idaho, pertama kali menganggap temuannya adalah semut. Namun, dia  kemudian mendapati bahwa serangga tersebut bisa menyembunyikan kepalanya, seperti kura-kura yang bisa menyembunyikan kepalanya ke dalam cangkangnya.

Winton mengirimkan penemuannya ke ilmuwan di Australia yang bekerja meneliti kelompok serangga dan kepik tanpa kepala  dan selanjutnya temuannya  resmi dideskripsikan dalam isu terbaru jurnal Systemic Entomology.

Dua spesimen serangga coklat, kepik kepala berukuran pin, yang juga dikenal sebagai kepik beetle, pernah dikumpulkan, jantan di Montana dan betina di Idaho, kata ilmuwan, membuatnya spesies paling aneh di Amerika Serikat.

Seperti dilansir oleh Reuters. entomologis secara sejarah menggunakan jantan untuk menjelaskan spesies serangga sehingga penghargaan diberikan kepada Winton.

Bagaimanapun juga, spesies baru bernama  Allenius iviei itu menggunakan nama mantan profesor dan entomologis dari Montana State University, Michael Ivie.

Serangga ini, dengan nama usul umum 'Kepik milik Winston' memangsa kutu daun dan hama tanaman lainnya.

Ivie mengatakan jarang menemukan serangga baru di Amerika Serikat dan lebih jarang lagi menemukan genus baru. Penemuan ini bukan pencapaian yang kecil dilihat dari ukuran dan warnanya yang seperti pasir, dia menambahkan.

Dia mengatakan belum diketahui kenapa serangga ini memasukkan kepadalanya ke sebuah pembuluh di tubuh bagian tengah.

"Ini jenis serangga yang baru. Apapun ini, ini sangat spesial. Ini binatang liar yang sangat menarik," katanya.


http://www.antaranews.com/berita/340586/kepik-tanpa-kepala-benar-benar-nyata

0 komentar:

Posting Komentar