Tontonan Televisi Pengaruhi Anak

Tontonan Televisi Pengaruhi Anak


MASA anak-anak adalah masa pembelajaran. Mereka akan mengikuti apa yang biasa mereka lihat atau dengar. Pembentukan karakter anak ini tentu akan berpengaruh terhadap kararkter mereka kelak. 
Pada umumnya, anak akan meniru apa yang mereka lihat dan dengar, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Dan tontonan televisi menjadi salah satu sumber contoh perilaku yang dapat mempengaruhi perangai anak.

Apa yang kita lihat sekarang adalah tontonan televisi yang menyiarkan kekerasan, baik secara fisik ataupun perkataan (bullying). Hal ini tentu menjadi perhatian bagi semua orang karena saat anak menyaksikan, mereka tidak tahu apakah yang mereka lihat itu nyata atau pura-pura.

Peran orangtua untuk melakukan kontrol terhadap apa yang anak mereka lihat sangatlah penting. Sayangnya, sebagian besar orangtua tidak menyadari bahwa beberapa program televisi bisa mengajar anak-anak untuk menjadi kejam terhadap orang lain, demikian yang dilansir Everydayhealth.

“Hanya karena acara tersebut tidak mengandung unsur kekerasan fisik, tidak berarti itu tidak berbahaya,” tutur penulis studi Nicole Martins, asisten profesor di departemen telekomunikasi di Indiana University.

Perhatian dari orangtua untuk lebih peduli terhadap tontonan anak di televisi menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko anak meniru apa yang mereka lihat.


http://health.okezone.com/read/2012/09/28/483/696635/waspada-tontonan-televisi-pengaruhi-anak

0 komentar:

Posting Komentar