Cara Banyuwangi Rebut Turis yang Datang ke Bali

Cara Banyuwangi Rebut Turis yang Datang ke Bali


Setelah menyabet penghargaan Travel Club Tourism Award (TCTA) 2012, iklim pariwisata Kabupaten Banyuwangi terus menggeliat. Setidaknya, ada tiga strategi yang dilakukan oleh kabupaten berjuluk "Sun Rise of Java" ini.

Bupati Bayuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, saat ini Kabupaten banyuwangi sedang melakukan tiga konsolidasi untuk memperkuat pembangunan kepariwisataan. Pertama, pembangunan infrastruktur untuk akses menuju destinasi wisata unggulan, seperti akses ke Kawah Ijen dan Pantai Plengkung. Khusus untuk Pantai Plengkung, ada perbaikan infrastruktur sehingga wisatawan yang datang ke tempat ini tidak lagi dari Bali.

"Tahun ini, untuk perbaikan infrastruktur ke Pantai Plengkung ditargetkan tuntas. Mereka (wisatawan-red) tidak harus melalui Bali, melainkan bisa melalui Surabaya," kata Anas di Surabaya, Rabu (26/9/2012).

Yang kedua, lanjut Anas, adalah konsolidasi kekayaan budaya lokal mengingat khasanah kebudayaan Banyuwangi sangat beragam. Jika dikemas semenarik mungkin, diharapkan mampu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Perpaduan modernitas dan lokalitas akan menjadi kekayaan budaya yang diminati wisatawan," tandasnya.

Terakhir adalah melakukan konsolidasi dengan masyarakat pariwisata agar masyarakat ramah kepada wisatawan. Semua lini di Banyuwangi harus kompak agar sektor ini terus tumbuh.

"Dengan begitu, mampu memberikan multiplier effect yang luas bagi kesejahteraan masyarakat," kata Anas.

Dia menambahkan, pihaknya juga mengincar wisatawan yang selama ini hanya berkunjung ke Bali. Hingga semester pertama tahun ini, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali mencapai sekira 1,4 juta, naik 7,73 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Jika kita bisa gaet 20 persen saja untuk membawa mereka ke Banyuwangi, tentu dampaknya cukup signifikan. Belum lagi wisatawan mancanegara lainnya dan wisatawan domestik yang tak kalah potensinya," tukasnya.


http://travel.okezone.com/read/2012/09/26/407/695334/3-cara-banyuwangi-rebut-turis-yang-datang-ke-bali

0 komentar:

Posting Komentar