Olahraga Turunkan Selera Makan

Olahraga Turunkan Selera Makan


Olahraga bisa menurunkan motivasi seseorang untuk makan. Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa 45 menit berjalan kaki cepat menurunkan respon otak terhadap makanan pada hari itu. Penelitian ini mengabaikan berat tubuh seseorang.

“Studi ini menunjukkan bahwa olahraga tidak hanya mempengaruhi energi yang dikeluarkan tetapi juga bisa mempengaruhi selera makan seseorang,” ujar Profesor James LeCheminant dari Brigham Young University (BYU) dalam siaran pers yang dikutip oleh Health Day pada 25 September 2012.

Dalam melakukan penelitian tersebut, riset dipimpin oleh Bliss Hanlon, alumni pascasarjana dari BYU, mengukur aktivitas otak dari 18 wanita berberat badan normal dan 17 wanita yang kelebihan berat badan, ketika mereka melihat 120 gambar makanan. Para wanita itu juga diberi 120 gambar bunga yang digunakan sebagai pengontrol atau pembanding. Hasil penelitian ini dipublikasikan online pada jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise edisi Oktober.

Pengukuran otak dilakukan dua kali. Pertama, satu jam setelah para wanita berjalan cepat di treadmill selama 45 menit. Lalu seminggu kemudian para peneliti mengukur aktivitas otak mereka lagi pada pagi hari tanpa berolahraga terlebih dulu. Pada dua hari pengukuran otak itu, ilmuwan mencatat juga asupan makanan yang dikonsumsi dan aktivitas fisik para wanita tersebut.

Hasilnya, para wanita kurang tertarik pada makanan setelah mereka berolahraga. Ilmuwan juga mencatat bahwa wanita tidak makan banyak pada hari mereka melakukan olahraga,   sebagai pengganti energi yang dibakar saat berolahraga.

“Kami ingin melihat apakah obesitas dipengaruhi oleh motivasi makanan, tetapi ternyata tidak,” ujar LeCheminant. “Namun jelas bahwa olahraga mempunyai peran dalam merespon gambar makanan yang ditunjukkan.”

Para ilmuwan mengatakan diperlukan penelitian lebih lanjut guna mengetahui seberapa lama penurunan motivasi terhadap makanan bisa bertahan setelah berolahraga, khususnya pada mereka yang terbiasa melakukan olahraga dalam jangka panjang.


http://www.tempo.co/read/news/2012/09/27/060432219/Olahraga-Turunkan-Selera-Makan

0 komentar:

Posting Komentar