Kiat Penyimpanan Data untuk Perusahaan Menengah

Kiat Penyimpanan Data untuk Perusahaan Menengah


Bukan hanya perusahaan besar yang perlu memperhatikan penyimpanan data, perusahaan menengah juga perlu.

Perusahaan skala menengah juga bisa mengalami masalah yang sama dengan adanya ledakan data jika tidak dikelola dengan baik.

Itulah mengapa perusahaan penyedia solusi storage dan data management NetApp mulai menyasar segmen perusahaan kelas menengah (small medium enterprises/SME).

Country Manager NetApp untuk Indonesia dan Filipina Steven Law menjelaskan perusahaan kelas menengah memiliki tantangan tersendiri dalam mengelola infrastruktur teknologi informasi yaitu keterbatasan sumber daya, baik tenaga ahli maupun anggaran.

"Dengan keterbatasan tersebut, perusahaan kelas menengah tetap punya kesempatan untuk mengelola data dalam volume yang besar," kata Steven dalam Media BootCamp di Pinewood lodge & resto di Cisarua Bogor, Jumat (17/2/2012).

Dengan pengelolaan yang baik, informasi yang didapat dapat dimanfaatkan untuk melayani pelanggan, meningkatkan kinerja operasional, membuat keputusan lebih cepat dan memicu pertumbuhan bisnis

Agar perusahaan kelas menengah juga dapat menikmati layanan storage, NetApp memberikan kiat-kiat dalam membangun storage-nya.

Kiat-kiat ini membantu mereka tetap bisa efisien tanpa mengorbankan kinerja. Berikut adalah kiat-kiatnya:

1. Start Right

Memilih perangkat storage dengan harga terjangkau sekaligus memiliki performa yang diperlukan sekarang ini. Serta yang dapat ditingkatkan penyimpanan datanya.

2. Keep it Simple

Karena perusahaan kelas menengah memiliki keterbatasan staf IT, maka storage yang digunakan sebaiknya mudah untuk dioperasikan.

Selain itu pilih storage yang dapat memberikan ketersediaan akses lebih tinggi dan downtime seminimal mungkin.

3. Grow Smart

Seiring dengan pertumbuhan perusahaan dan bertambahnya volume data maka diperlukan tambahan kapasitas storage.

Itupun tidak perlu mengganti keseluruhan sistem sehingga biaya investasinya tetap. Alhasil, perusahaan dapat menghemat biaya terutama untuk penggantian sistem dan migrasi data.

Dukungan NetApp

Untuk mendukung perusahaan kelas menengah untuk tumbuh dan memanfaatkan inovasi storage, NetApp menawarkan NetApp FAS2240. Seri storage ini menawarkan dua hingga tiga kali peningkatan kinerja.

Storage ini memiliki kapasitas hingga 374 Terabyte dengan maksimal disk drive 144 unit. Harga yang ditawarkan untuk storage SME ini mulai dari 7.500 dollar AS hingga 50.000 dollar AS.

"Namun untuk seri ini dijual seharga 25.000-30.000 dollar AS," tambahnya.

Produk storage untuk SME ini sudah mulai diperkenalkan pada pertengahan tahun lalu. Selama ini produk tersebut mengontribusikan sekitar 15 persen ke pendapatan NetApp secara tahunan.

Selama ini, kliennya paling banyak dari universitas dan perusahaan manufaktur. "Kami harapkan storage untuk SME ini bisa tumbuh 40 persen di tahun ini," jelasnya.


http://tekno.kompas.com/read/2012/02/17/17552225/Tiga.Kiat.Penyimpanan.Data.untuk.Perusahaan.Menengah

0 komentar:

Posting Komentar