Higienitas Anak yang Perlu Diperhatikan

Higienitas Anak yang Perlu Diperhatikan

 
KEBERSIHAN yang layak sangat penting untuk anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang sempurna. Kurangnya kebersihan dapat memicu terjadinya penyebaran kuman yang menyebabkan infeksi virus dan bakteri.

Ada beberapa "titik" yang harus dijadikan fokus utama orangtua guna menjaga kesehatan anak dengan cara menjaga kebersihan, sebagaimana dilansir Ehow, Senin (13/2/2012).

Pakaian

Anak-anak harus mengenakan pakaian bersih setiap hari. Jika anak Anda menumpahkan sesuatu di baju atau kotor dan berkeringat, ia harus segera berganti pakaian. Kapas pada kain pakaian merupakan habitat paling ideal bagi kuman. Begitu juga jika seorang anak batuk atau berada di sekitar sekelompok besar orang yang sedang terkena flu atau batuk, ganti pakaiannya ketika ia pulang ke rumah.

Tangan

Cuci tangan sesering mungkin untuk mengurangi penyebaran kuman dan infeksi. Anak-anak harus mencuci tangan setelah menggunakan toilet, bermain di luar, memegang hewan, bersin, atau batuk. Anak-anak harus mencuci tangan mereka selama minimal 30 detik menggunakan air hangat dan sabun tangan antibakteri.

Tubuh

Anak kecil dan bayi tidak perlu dimandikan setiap hari. Terlalu banyak terpapar air sebenarnya dapat mengeringkan kulit bayi. Tidak seperti mandi di bak, mandi spons sering tidak akan mengeringkan kulit bayi. Tetapi hal ini tidak berlaku jika anak Anda telah lebih besar karena harus mandi ketika mereka menjadi kotor. Untuk yang masih bayi atau masih kecil, cuci kepala anak Anda sampai ujung kaki dengan waslap bersabun.

Gigi

Sikat gigi anak setidaknya dua kali sehari, yaitu sekali setelah sarapan dan sekali sebelum tidur. Bahkan balita dan anak usia prasekolah memerlukan bantuan untuk bisa mencapai semua gigi mereka agar tetap bersih. Jadi penting untuk mengajarkan anak Anda untuk menyikat gigi sendiri, pastikan Anda membantu dia membersihkan semua sisa makanan yang menempel di gigi. Ketika anak Anda memiliki setidaknya dua gigi, bersihkan menggunakan kapas basah setiap hari. Hindari pula memberikan anak camilan manis dan tinggi karbohidrat, yang bisa menyebabkan plak dan gigi berlubang.


http://health.okezone.com/read/2012/02/13/483/574873/higienitas-anak-yang-perlu-diperhatikan

0 komentar:

Posting Komentar