Kelebihan Garam Sebabkan Hipertensi

Kelebihan Garam Sebabkan Hipertensi

 
BANYAK dari kita yang tahu bahwa makan terlalu banyak makanan berasa asin dapat meningkatkan tekanan darah. Namun tak banyak yang tahu mengapa.

Natrium dalam garam sebenarnya membantu menjaga tekanan darah, kontraksi otot, transmisi antar saraf sel, serta menjaga keseimbangan air, asam dan basa dalam tubuh. Namun, kondisi ini akan terjadi jika konsumsi garam tidak lebih dari 6 gram (1 sendok teh) per hari.

Kadar garam tinggi dalam tubuh dapat mempersempit arteri ginjal, sehingga membatasi aliran darah dan menyulitkan kinerjanya. Akibatnya, ginjal melepaskan hormon yang disebut renin dan angiotensin, yang meningkatkan tekanan pada pembuluh darah perifer, dan menyebabkan hipertensi.

Selain garam, faktor lain yang meningkatkan resiko terkena hipertensi yakni usia, riwayat keluarga, kegemukan, fisik yang kurang aktif, merokok, stres dan minuman beralkohol. Namun dengan mengurangi konsumsi garam saja, dipercaya dapat sangat mengurangi risiko hipertensi.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi konsumsi garam:
  • Makan lebih banyak produk segar dan sedikit makanan olahan,
  • Batasi penggunaan garam dalam makanan Anda dengan menggantinya dengan rempah-rempah tertentu yang dapat memperkaya rasa,
  • Pilih produk makanan rendah garam, dan
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran.


http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2012/02/06/714/Mengapa-Kelebihan-Garam-Sebabkan-Hipertensi

0 komentar:

Posting Komentar