Permen Daun Salam Pereda Maag

Permen Daun Salam Pereda Maag

 
Dibuat dari daun salam, permen yang satu ini mampu menggantikan kandungan kimia dalam berbagai produk obat maag.

Biasanya, masyarakat memanfaatkan daun salam sebagai tambahan bumbu dapur. Tetapi, penelitian dua mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Eza Ria Friatna dan Arry Darmawan menunjukkan, kandungan daun salam mampu meredakan penyakit maag.

Eza menjelaskan, daun salam mengandung minyak atsiri (sitral, eugenol), tanin dan flavonoid dengan kromatogramafi lapis tipis. Kandungan minyak atsiri pada daun salam berasal dari seskuiterpen lakton yang mengandung fenol.

"Penelitian kami menunjukkan, ekstrak air daun salam memiliki efek hipoglikemik atau menurunkan kadar gula dan asam lambung penyebab maag," kata Eza seperti dikutip dari laman UNY, Kamis (9/2/2012).

Eza dan Arry melakukan uji mikrobiologi dengan menggunakan cairan belimbing wuluh sebagai pengganti asam lambung, dan tetesan air daun salam.

Menurut Arry, selain sebagai pengganti asam lambung, belimbing wuluh juga bisa menjadi zat asam makanan yang terkadang memicu kambuhnya gejala maag.

"Karena itu, penelitian kami juga membuktikan, selain dapat menetralkan asam lambung, daun salam juga dapat menetralkan makanan yang mengandung zat asam yang dapat memancing peningkatan asam lambung," ujar Arry.

Kedua mahasiswa jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY ini mengklaim, herbal candy buatan mereka menetralkan pH asam lambung dengan langsyng menyerang fungsi lambung. Sehingga, para penderita maag pun tidak perlu khawatir untuk makan makanan yang pedas dan asam.


http://kampus.okezone.com/read/2012/02/09/372/572435/permen-daun-salam-pereda-maag

0 komentar:

Posting Komentar