Amerika Rayakan 50 Tahun Astronot AS Kelilingi Orbit Bumi

Amerika Rayakan 50 Tahun Astronot AS Kelilingi Orbit Bumi


John Glenn mengelilingi planet Bumi tiga kali kurang dari lima jam tanggal 20 Februari, 1962, dalam sebuah misi yang dirancang untuk melihat bagaimana manusia bereaksi terhadap lingkungan angkasa luar.

Berbicara dalam sebuah acara NASA pekan lalu, Glenn yang berusia 90 tahun itu mengatakan pengalamannya dalam pesawat antariksa itu sulit untuk digambarkan.

Tetapi dia bukanlah orang pertama yang mengorbit Bumi. Hampir setahun sebelum penerbangan Glenn, pilot Angkatan Udara Soviet Yuri Gagarin mengelilingi Bumi satu kali.

Glenn, yang juga menjabat empat kali masa jabatan sebagai Senator Amerika dari Ohio, kembali mengorbit dalam misi pesawat ulang-alik tahun 1998, pada usia 77 tahun menjadi orang paling tua yang terbang di angkasa luar.

Mantan astronot itu dijadwalkan akan ambil bagian dalam forum dua hari mulai hari Senin untuk membicarakan masa depan badan antariksa Amerika. Dia mengecam keputusan untuk mengakhiri program pesawat ulang-alik Amerika, yang melakukan penerbangan terakhirnya tahun lalu.


http://www.voanews.com/indonesian/news/Amerika-Rayakan-50-Tahun-Astronot-AS-Kelilingi-Orbit-Bumi-139681713.html

0 komentar:

Posting Komentar