Jakarta Jadi Surga Musik

Jakarta Jadi Surga Musik


JAKARTA jelas sudah menjelma menjadi surga musik. Tahun 2012 ini saja, Ibu Kota dibanjiri puluhan konser musik penyanyi mancanegara maupun dalam negeri, mulai dari perorangan, grup band, artis K-Pop, boys band, sampai girl band.

Dua tahun belakangan, Jakarta menjelma menjadi surga bagi para pencinta musik Tanah Air. Setiap bulan selalu ada konser musik penyanyi perorangan maupun grup band dari dalam dan luar negeri.

Sebagai Ibu Kota negara, Jakarta memang menjadi salah satu sasaran  konser musik. Itu berarti, datang ke Jakarta tidak bisa lepas dari menikmati berbagai pertunjukan musik. Bukan hanya konser artis Barat, tetapi juga dari, Asia termasuk kedatangan penyanyi, boys band, girl band dari Korea.

Belum lagi musik hidup yang digelar kafe-kafe bergengsi. Di antaranya adalah RW Lounge di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, yang rajin menampilkan musisi-musisi jazz terkemuka dari dalam negeri.

Menikmati suasana malam hari, bersantap, menyeruput kopi, berkencan, ataupun hang out bersama teman sembari menikmati musik sudah menjadi gaya hidup sehari-hari warga Jakarta. Setelah seharian lelah bekerja, maka malam hari, terutama di akhir pekan, menjadi sangat istimewa untuk sekadar bersantai dan memanjakan telinga dengan live music.

Di luar musik hidup yang ditampilkan di kafe, Jakarta juga dibanjiri konser musik. Di awal tahun saja, sudah kedatangan grup band asal Amerika Foster the People yang beken dengan single Pumped Up Kicks, Simple Plan, grup band asal Quebec, Katy Perry, Rod Steward, Spultura, dan The Black Dahlia Murder.

Di bulan-bulan berikutnya, berderet penyanyi terkenal juga melakukan konser, antara lain Chicago, Olivia Newton John, Michael Learn to Rock, Creed, David Foster & Friend, Lar’c-en-Ciel, Avenged Sevenfold, The Cardigans, Jennifer Lopez, Shahruk Khan, dan masih banyak lagi konser yang akan dilakukan di sisa tahun 2012, di antaranya Gun n Roses dan Sting. Dari Korea, hadir Bing Bang, Wonder Girl, SNSD, Super Junior, SM Town, Kim Jae Jong, Sung Ha Jung, Lee Seung Gi, dan lain-lain.

Belum habis 2012, saat ini sudah muncul beberapa jadwal konser musik, termasuk prediksi siapa saja penyanyi mancanegara yang sudah digadang promotor musik Indonesia. Di antaranya yang akan manggung adalah grup band indie asal Amerika, Yeah Yeah Yeahs, grup musik asal Inggris Block Party, band rock alternatif asal Inggris The Syones Roses, dan masih banyak lagi.

Konser-konser itu belum termasuk event tahunan, seperti Jakarta Jazz Festival yang tidak hanya dikonsumsi penduduk Jakarta, tetapi juga wisatawan domestik dan mancanegara. Tahun 2012, penyanyi internasional yang hadir dalam event ini, antara lain David Foster, Stevie Wonder, All Jarreau, Pat Matheny, dan lain-lain.

Ibu Kota juga punya event Jakarta Blues Festival yang juga menampilkan musisi blues dari dalam dan luar negeri. Dari dalam negeri ada Naif, Gugun Blues Shelter, The Sigit, Kotak, Ina Blues All Star, The Brandals, Jhon Paul Ivan dan Krisna, Lala Karmela, Aryo Wahab, The White Flowers, Balawan and Friends, dan lain-lain. Dari luar negeri antara lain Jan Akkerman, gitaris asal Belanda, Davy Knowles, Guy Davis, Bill Sims JR, dan The Bleu Rascals.

Belum lagi berbagai pertunjukan musik dari penyanyi dan grup band dalam negeri, antara lain di acara rutin seperti Pekan Raya Jakarta sampai konser bersama dan tunggal. Tahun ini, Noah yang dimotori sang vokalis, Ariel, menjadi grup musik yang paling sering dibicarakan dan ditunggu-tunggu.

Hang Out Musik

Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, sampai sekarang masih menjadi tempat hang out yang terkenal di Jakarta. Deretan kafe, lounge, restoran, dan bar dengan sajian musik hidup dapat dengan mudah ditemui. Red White Jazz Lounge (RW Lounge) hanya salah satu kafe bernuansa jazzy yang kini tengah digemari.

Kafe Umbra di Kemang yang menampilkan nuansa Eropa tahun 1920-an juga menjadi salah satu tempat sasaran hang out. Kafe ini setiap hari menampilkan live music dengan jenis musik berbeda. Bahkan, pengelolanya mulai bereksperimen dengan menampilkan grup-grup band indie.

Ada juga Eastern Promise, restoran Jerman di Kemang yang menjadi tempat hang out favorit kalangan atas. Kafe dan restoran ini menyediakan bir Jerman yang terkenal, aneka makanan, dan juga musik hidup setiap Jumat dan Sabtu.

Selain Kemang, Jakarta masih punya segudang lokasi hang out yang menyajikan musik hidup. Sebut saja Hard Rock Café yang sudah jelas mengusung tema musik sampai pub dan bar yang ada di hotel-hotel bintang lima.

Jakarta memang sudah menjelma menjadi surga bagi para pencinta musik. Konser penyanyi dalam dan luar negeri, ditambah ratusan tempat hang out melengkapi kekayaan Jakarta yang mengusung tema Enjoy Jakarta.


http://travel.okezone.com/read/2012/12/07/558/728911/jakarta-surga-musik

0 komentar:

Posting Komentar