Urine Manusia Bisa Bentuk Sel Otak

Urine Manusia Bisa Bentuk Sel Otak


Air kencing atau urine manusia ternyata berguna juga. Suatu penelitian ilmiah terbaru mengklaim bahwa urine manusia dapat diubah menjadi sel-sel otak.

Penemuan mengejutkan itu membuka perdebatan kontroversial terkait penelitian stem cell, yakni sel induk yang dapat berkembang menjadi sel yang dibutuhkan untuk menyembuhkan penyakit.

Penelitian tersebut diterbitkan secara daring di Nature Metode dan dilakukan tim yang dipimpin ahli stem cell China, Duanqing Pei.

Sel-sel yang dihasilkan kotoran manusia suatu hari nanti dapat digunakan untuk mempelajari penyakit dan dalam pengobatan terapi penyakit neurodegeneratif.

Ada bonus tambahan dari penemuan itu. Kini ada kekhawatirkan bahwa sel induk akan memiliki risiko tinggi berkembangnya tumor. Tapi, ini tidak akan menjadi masalah dengan sel dari sampel urine.

Proses bekerjanya dengan mengubah sel dalam urine menjadi prekursor sel-sel otak yang dikenal sebagai sel progenitor saraf.

Studi tersebut mengatakan sel-sel dalam urine merupakan sumber yang jauh lebih mudah diperoleh ketimbang sel dalam sampel kulit dan darah.

"Ini pasti bisa mempercepat proses penyembuhan," kata James Ellis, ahli genetika medis di Hospital for Sick Children di Ontario, Kanada.


http://www.metrotvnews.com/metrolife/news/2012/12/11/117271/Urine-Manusia-Bisa-Bentuk-Sel-Otak/11

0 komentar:

Posting Komentar