Manfaat Redenominasi Rupiah

Manfaat Redenominasi Rupiah


Indonesia dinilai bisa memperoleh tiga keuntungan sekaligus dengan memberlakukan penyederhanaan nilai nominal (redenominasi) rupiah. Namun, hal ini bisa tercapai jika upaya optimal dilakukan jajaran pemerintah dan Bank Indonesia (BI).

Seperti diketahui, wacana redenominasi kembali mengemuka dalam masyarakat. Rencananya, nilai nominal rupiah akan mengalami pengurangan tiga angka nol. Dengan demikian rupiah yang semula bernilai Rp 1.000 akan berubah menjadi Rp 1 tanpa mengurangi nilai dari uang itu.

"Waktu 4 tahun untuk sosialisasi cukup saja, tergantung waktu dan biaya yang dikeluarkan," ujar Pengamat Ekonomi dari Econit, Hendri Saparini kepada Liputan6.com, Minggu, (9/12/2012).

Hendri mengungkapkan, tiga keuntungan yang diperoleh itu adalah masyarakat umum bisa melakukan transaksi dengan nilai yang lebih mudah.

Hal ini akan berimbas positif pada kemudahan pencatatan keuangan yang dibuat oleh perusahaan. "Ini memang manfaat terbesar yang bakal diperoleh dari kebijakan redenominasi," kata Hendri.

Manfaat lain adalah faktor psikologis dari bangsa Indonesia selaku pemilik mata uang rupiah. Selama ini dengan nilai tukar rupiah mencapai ribuan bahkan puluhan ribu rupiah, dianggap terlalu tinggi.

"Jadi sebetulnya, secara manfaat, redenominasi ini akan memberikan dampak positif cukup besar," ujarnya. "Tingal bagaimana pemerintah menyosialisasikan kebijakannya ini." 


http://bisnis.liputan6.com/read/465914/tiga-manfaat-penyederhanaan-rupiah-bagi-indonesia

0 komentar:

Posting Komentar