Sebab Salju Turun pada Musim Semi di Inggris

Sebab Salju Turun pada Musim Semi di Inggris


Fenomena alam tak biasa terjadi di Inggris. Pada bulan ini (Mei) yang masuk ke musim semi, salju justru turun di beberapa tempat.

Dosen Universitas Neil Farrington tengah mengajak anjingnya berjalan-jalan di Castleside, dekat Consett, County Durham, ketika salju jatuh pada Selasa pagi.

"Ini berlangsung selama 20 menit dan turun cukup deras dengan serpihan besar," kata pria 41 tahun ini. "Ini pemandangan yang cukup bagus untuk dilihat sebelum akhirnya berubah menjadi hujan dan salju di tanah menghilang."

Ahli meteorologi Chris Burton mengaku cukup kaget dengan hal ini. Ia mengatakan hal lumrah salju turun di akhir tahun sampai pekan-pekan pertama di tahun baru. Namun, katanya, tidak pernah terdengar sejauh ini salju turun di musim semi.

Ia menduga angin utara membawa udara dingin turun dari Kutub Utara dan Skandinavia, menyebabkan cuaca dingin di tanah yang lebih tinggi. Tempat-tempat yang dihujani salju di bulan Mei termasuk Pennines, Shropshire, bagian dari Wales, dan Skotlandia.

Hal ini juga dinyatakan prakirawan cuaca dari MeteoGroup. Mereka mengatakan salju turun karena angin utara membawa udara dingin turun dari Kutub Utara dan Skandinavia. "Beberapa hari berikutnya masih akan dingin, tetapi perlahan suhu akan naik," kata mereka.



http://www.tempo.co/read/news/2012/05/16/095404214

0 komentar:

Posting Komentar