Kota dengan Kode QR

Kota dengan Kode QR


Kota kecil Welsh di Monmouth, Inggris, dinyatakan sebagai Kota Wikipedia pertama di dunia. Hal itu karena tiap sudut kota itu dipenuhi dengan Kode QR atau evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi.

Seperti dilansir TGDaily, Jumat (18/5), siapa saja mengunjungi kota ini bisa memindai kode QR di setiap ujung kota dengan menggunakan ponsel pintar mereka. Lebih dari 1.000 kode QR telah ditambahkan ke sekolah, toko, dan bangunan lainnya di kota ini.

Dengan demikian, Anda bisa melihat sejarah atau artikel tentang toko roti lokal. Di kota ini juga terinstal jaringan Wifi secara gratis. Anda juga bisa melakukan virtual tour dari kota dengan menggunakan aplikasi mobile Wikipedia atau Wikipedia pada Google Streetview.

Yang lebih menarik lagi, dengan kode QR itu, Anda juga bisa melakukan tur virtual tidak hanya di kota itu, tapi juga di beberapa negara dunia. Contohnya, Indonesia, Hungaria, atau India, tanpa menginjakan kaki ke negara tersebut.

"Relawan dari Wikipedia telah memberikan kontribusi hampir 500 artikel baru dengan lebih dari 25 bahasa. Selain itu, video untuk topik bersejarah juga telah diupload," kata Roger Bamkin, Direktur Wikimedia Inggris.


http://tekno.liputan6.com/read/402842/welsh-kota-dengan-kode-qr

0 komentar:

Posting Komentar