Presiden Prancis Terbiasa Naik Angkot

Presiden Prancis Terbiasa Naik Angkot


Presiden baru Prancis Francois Hollande dikenal sebagai sosok pemimpin yang hidup sederhana. Pria ini sangat jauh dengan presiden sebelumnya, Nicolas Sarkozy, yang hidup bermewah-mewahan meski keuangan negara tengah memburuk.

Karena hidupnya yang sederhana, Hollande dijuluki "Mr Normal", atau bisa juga diartikan "Tuan yang Sederhana". Untuk bepergian ke mana-mana, ia cukup naik angkutan umum dan skuter. Ini lantaran pemimpin Partai Sosialis tersebut tidak memiliki mobil.

Kendati demikian, sebenarnya kekayaan Hollande cukup melimpah. Jika ditambah tabungan, kontrak asuransi dan furnitur, kekayaan totalnya sudah mencapai sekitar Rp 15 miliar. Ia juga memiliki sebuah rumah di selatan Prancis, di Pantai Riviera, yang bernilai 1,17 juta euro atau sekitar Rp 14 miliar. Selain itu, bersama ayahnya, Hollande juga berbagi kepemilikan dua apartemen di Cannes yang bernilai 370.000 euro.

Selain Hollande, istrinya yang bakal menjabat sebagai ibu negara ini juga hidup sederhana. Ia adalah seorang jurnalis yang menyatakan tetap ingin bekerja, karena harus menghidupi tiga anak yang telah dimilikinya sebelum bertemu Hollande.

Pekan depan, Hollande akan dilantik sebagai Presiden Prancis. Hal pertama yang akan dilakukan Hollande jika sudah resmi menjabat presiden adalah memotong gaji presiden 30 persen yang mencapai 19 ribu euro atau Rp 230 juta per bulan.


http://gayahidup.liputan6.com/read/400304/presiden-baru-prancis-terbiasa-naik-angkot

0 komentar:

Posting Komentar