Sering Online Bisa Picu Depresi

Sering Online Bisa Picu Depresi 


Sering menggunakan laptop atau ponsel dalam suatu waktu bisa menjadi diagnose menuju depresi terhadap seseorang. Studi ini sendiri melibatkan sekitar 216 mahasiswa dengan cara memonitor penggunaan internet dan mencoba mencari korelasi dengan depresi para responden.

“Riset awal mencari hubungan antara penggunaan internet dan depresi bergantung pada memori responden mengenai apa yang mereka lakukan dan kapan,” ujar penulis studi ini, Sriram Chellappan, profesor sains komputer di Missouri University of Science and Technology.

Pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan dibuat agar para mahasiswa tidak menyadari para peneliti sedang mencari tahu tentang kondisi depresi mereka. Kemudian, para peneliti mencari tahu tingkat pemakaian internet para responden dengan memonitor penggunaan internet mereka dari server universitas.

Dalam studi itu Chellappan dan koleganya menemukan, makin jelas kondisi depresi seseorang, makin sering ia menggunakan internet.

Sementara ada beberapa studi lain yang melihat hubungan antara seringnya berselancar di dunia maya dengan depresi, namun, kebanyakan hanya mengemukakan mengenai seringnya berhadapan dengan komputer bisa menyebabkan masalah kesehatan mental.

Sementara Chellappan melihat masalah seringnya penggunaan internet ini sebagai sebuah gejala. Pihaknya berencana untuk menggali lebih dalam mengenai hal ini. 


http://www.pedomannews.com/green-life-health/13294-sering-online-picu-depresi

0 komentar:

Posting Komentar