Tips Badan Tak Mudah Sakit Saat Cuaca Buruk

Tips Badan Tak Mudah Sakit Saat Cuaca Buruk


Cuaca ekstrim, mendadak hujan deras, mendadak panas lagi, rentan membuat orang jatuh sakit. entah itu flu, demam, meriang dan bahkan kena tipus dan demam berdarah.

Bagaimana agar tak mudah sakit?

Status gizi yang baik merupakan penentu kuatnya sistem pertahanan tubuh. Untuk itu Asosiasi Dietisien Indonesia DR. Sunita Almatsier, MSc menyatakan bahwa tubuh harus mendapat zat-zat gizi yang seimbang satu sama lain.

Setiap hari kita tidak bisa hanya mengonsumsi makanan berprotein saja. Kebutuhan tubuh tidak hanya sekedar protein, melainkan zat-zat gizi lain seperti lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Menurut Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) seyogyanya tubuh mendapat sekitar 60-75 persen energi yang diperoleh dari karbohidrat terutama karbohidrat komplek. Sementara protein sekitar 10-15 persen dan lemak sekitar 10-25 persen.

Karbohidrat sebagai sumber energi bisa diperoleh dari padi-padian atau serealia seperti beras, jagung, dan gandum. Sagu, umbi-umbian dan hasil olahannya bisa juga digunakan.

Sumber protein didapat dari protein hewani seperti daging, ayam, telur, susu dan keju. Protein nabati seperti kacang-kacangan dan hasil olahannya juga layak dimanfaatkan.

Sementara zat pengatur yang kebanyakan berupa vitamin dan mineral bisa diperoleh dari beragam sayuran dan buah. Sayuran diutamakan yang berwarna hijau dan kuning jingga seperti bayam, daun singkong, daun katuk, kangkung, wortel, dan lainnya.

Buah-buahan diutamakan yang berwarna kuning jingga, kaya dan yang berasa asam seperti pepaya, mangga, nenas, jambu biji, apel, dan lainnya.

Penempatan kelompok makanan ini kalau disusun akan membentuk kerucut. "Kelompok makanan sumber energi ditempatkan di dasar kerucut karena paling banyak dimakan. Kelompok makanan sumber zat pengatur di tengah kerucut dan kelompok sumber protein bagian atas kerucut karena relatif paling sedikit dimakan setiap hari," jelas Sunita.

Namun, selain bahan makanan tersebut, dalam menu harian kita, ada beberapa bahan yang masuk seperti sumber lemak murni dari minyak goereng, margarin, mentega. Juga sumber karbohidrat murni dari gula pasir, gula merah, madu, dan sirop.


http://www.tribunnews.com/2013/02/07/cuaca-sedang-ekstrim-ini-tips-badan-tahan-banting-dan-tak-mudah-sakit

0 komentar:

Posting Komentar