Sepatu Hak Tinggi Jadi Penyebab Utama Kecelakaan

Sepatu Hak Tinggi Jadi Penyebab Utama Kecelakaan


Mengantuk atau menggunakan ponsel saat mengemudi tidak lagi menjadi penyebab utama kecelakaan di jalan raya. Survei dari provider asuransi More Th>n di Inggris, mengungkapkan bahwa sepatu hak tinggi, gelas kopi, dan anjing yang berada di dalam mobil, merupakan tiga hal paling berbahaya di mobil. Benda-benda yang tampaknya tidak berdosa itu telah menyebabkan lebih dari 13 juta kasus tabrakan di negara tersebut.

Meskipun kecelakaan lebih banyak melibatkan pria sebagai pengemudi, kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian perempuan juga tak kalah banyak. Sebanyak 44 persen perempuan pengendara mobil usia 25-34 tahun tidak mampu menggunakan pedal dengan benar gara-gara sepatu hak tinggi mereka.

Bagaimana dengan gelas kopi? Bagaimana benda ini bisa menyebabkan musibah di jalan raya?

Kecelakaan terjadi ketika gelas kopi dari kertas yang telah kosong dibiarkan menggeletak di dalam mobil. Sebanyak 20 persen responden yang disurvei mengaku bahwa mereka menabrak atau nyaris menabrak kendaraan lain setelah gelas kopi atau botol minuman yang kosong bergulir di bawah pedal rem.

Sementara itu, anjing bisa ikut berperan dalam peristiwa kecelakaan ketika mereka berusaha memanjat kursi depan di samping pengemudi, atau mencoba melompat melalui jendela. Hal ini menyebabkan satu dari delapan pengendara mobil tak dapat menguasai kemudinya dan nyaris menabrak.

Ketiga faktor penyebab kecelakaan ini terjadi karena membuat pengemudi mengalihkan pandangan dari jalanan selama lebih dari tiga detik, demikian menurut jajak pendapat yang diikuti oleh 2.000 pengendara mobil di Inggris.

Satu dari 10 responden mengaku mobil mereka menimbun sampah. Oleh karena itu, Janet Connor, Managing Director More Th>n mengatakan bahwa kecelakaan seperti ini sebenarnya bisa dihindari andai saja orang-orang membersihkan mobil mereka secara rutin.

"Selama ini bahaya dan pengalih perhatian dari luar mobil diketahui sebagai sebagai hal yang berpotensi (menimbulkan kecelakaan). Namun bukti-bukti menunjukkan bahwa apa yang ada di dalam mobil sering terlupakan," ujar Connor.

Pengemudi memang tak selalu dapat mengontrol apa yang terjadi di jalanan, namun mereka bisa membuat cara mengemudi mereka lebih aman dengan lebih memerhatikan potensi bahaya di dalam mobil. Caranya, dengan memastikan pedal terbebas dari hambatan apa pun, binatang piaraan yang ikut masuk ke mobil aman di tempatnya, dan selalu menjaga kebersihan mobil.


http://health.kompas.com/read/2012/11/24/13180451/.High.Heels.Salah.Satu.Penyebab.Utama.Kecelakaan

0 komentar:

Posting Komentar