Alasan Logis Penyebab Kesurupan Massal

Alasan Logis Penyebab Kesurupan Massal


Adanya peristiwa kesurupan yang dialami puluhan dan seorang guru di SMPN 1 Koba, Bangka Tengah, memunculkan banyak anggapan, salah satunya mengenai hal-hal mistis.

Namun, sebenarnya tidak demikian. Karena, secara ilmiah dan ilmu kesehatan, kesurupan dapat dijelaskan secara medis. Menurut Risaldi, psikolog, kesurupan massal di SMPN 1 Koba, Rabu (6/2/2013), terjadi karena ada satu orang yang menjadi pemicu kesurupan.

Bisa juga ada tekanan tertentu, sehingga menimbulkan histeria. Ditambah lagi, mental usia remaja atau anak-anak masih lemah.

Sehingga, ketika melihat temannya kesurupan, mereka menjadi tegang, dan tanpa disadari menular. Maka, ekspresi yang muncul dari yang lain seperti kesurupan.

"Ketika terjadi ketegangan, siswa dan siswi ini hilang kontrol. Reaksinya menjerit, kejang-kejang. Kebanyakan menimpa perempuan, karena mereka cenderung penakut, sehingga tersugesti dan hilang kontrol," ungkap Risaldi saat ditemui Bangkapos.com (Tribunnews.com Network), Rabu.

Selain itu, lanjutnya, fenomena kesurupan terjadi karena anak-anak dijejali dengan cerita horor, serta kepercayaan atau keyakinan terhadap hal gaib yang berlebihan.

Sehingga, tanpa sadar mereka tersugesti, dan menimbulkan ketakutan tersendiri. Pertanyaan kenapa kesurupan banyak terjadi di sekolah, karena usia anak sekolah dan remaja masih labil dan mudah tersugesti.


http://www.tribunnews.com/2013/02/07/kesurupan-massal-bukan-mistis-ini-penyebabnya

0 komentar:

Posting Komentar