Cina Sudah Memancing Perang dengan Jepang

Cina Sudah Memancing Perang dengan Jepang


PM Jepang Shinzo Abe dan Menteri Pertahanan, Itsunori Onodera. sejak Selasa (5/1/2013) telah mengungkapkan upaya angkatan laut Cina 'memancing perang' pasukan bela diri (SDF) Jepang. Catatan Jepang, provokasi ini sudah dilakukan dua kali pada tahun ini dengan 'menembakkan' gelombang radiasi. Apabila tak dicek ulang, bisa disangka upaya peluncuran peluru kendali lawan, sehingga SDF dapat segera mengantisipasi untuk menembakkan sesuatu sebagai antisipasi peluncuran peluru kendali lawan.

Mantan Menteri Lingkungan Hidup yang sekarang Sekjen Partai Demokrat (DPJ) Jepang, Goshi Hosono, malah mencurigai dan mengkritik hari ini (6/1/2013) bahwa pemerintah berkuasa Abe (LDP) lambat mengumumkan hal tersebut.

Usut punya usut ternyata partai DPJ sendiri yang malah menyembunyikan kasus 'memancing perang' oleh militer laut Cina tersebut sejak September 2012 sebelum pemerintah Jepang menasionalisasi (membeli) kepulauan Senkaku dari pemiliknya.

Hal ini diungkapkan oleh Asahi dalam beritanya hari ini (6/1/2013), ternyata sejak September tahun lalu ternyata partai berkuasa saat itu DPJ sama sekali tidak pernah mengungkapkan adanya percobaan Cina 'memancing perang' tersebut dengan penembakan gelombang radiasi ke radar kapal SDF Jepang.

Penembakan gelombang radiasi tersebut sekitar dua menit di lokasi serupa, perairan internasional dekat kepulauan Senkaku di saat kedua kapal kedua negara berdekatan. Berarti seidkitnya sudah tiga kali terjadi "penembakan" oleh Cina ke kapal resmi pemerintah Jepang tersebut yaitu September tahun lalu, 19 Januari dan 30 Januari 2013.

Satu kali yaitu tanggal 19 Januari 2013 jam 5 sore bahkan ke helikopter SDF yang terbang berdekatan dengan kapal perang laut Cina. Teknologi canggih Cina tersebut dengan memancing penembakan gelombang radiasi yang berdampak (sinyal diterima SDF) seolah "memulai" peluncuran peluru kendali, jelas merupakan hal sangat berbahaya, mengancam perdamaian sekitar Laut Cina Timur dan khususnya negara-negara di sekitar lokasi tersebut, "Ini juga bukti peningkatan kecanggihan militer Cina perlu diseriusi lebih lanjut," ungkap seorang mantan pejabat tinggi SDF Laut yang tak mau disebutkan identitasnya.


http://www.tribunnews.com/2013/02/06/cina-sudah-memancing-perang-dengan-jepang-sejak-september-lalu

0 komentar:

Posting Komentar