Cara Unik Rayakan Imlek

Cara Unik Rayakan Imlek


Perayaan Imlek hanya tinggal menghitung hari. Beragam, acara telah disiaplan bagi mereka yang merayakan. Namun, kemeriahan tahun baru China tak hanya bisa dinikmati orang-orang Tioghoa. Anda yang tidak merayakan pun bisa ikut memeriahkan tahun baru yang juga dikenal dengan sebutan Lunar New Year.

Ada tujuh cara unik untuk menikmati tahun baru China.

1. Balap kuda
Percaya atau tidak, tahun baru China menjadi saat-saat di mana setiap orang menunjukkan kebolehannya beruda. Ya, Chinese New Year Race menjadi hari balapan paling populer sepanjang tahun. Acara ini diadakan di hari ketiga Spring Festival, tepatnya pada 12 Februari 2013 di Sha Tin Racecourse.

Selain menyaksikan balap kuda, wisatawan dapat melihat tarian singa tradisional, memutar roda keberuntungan, dan meramal nasib di tahun 2013. Untuk bisa menikmati semua suguhan ini, Anda hanya perlu merogoh kocek USD$ 10.

2. Berdoa untuk keberuntungan
Di hari pertama perayaan tahun baru, 10 Februari, wisatawan bisa menyambangi candi di seputaran China. Ziarah ke candi sedikit memusingkan bagi sebagian orang, tapi sebenarnya di sinilah justru selebrasi budaya yang sangat kaya bisa kita lihat dan pelajari.

Anda bisa mengunjungi Beijing's Yonghe Temple, Shanghai's Longhua Temple, dan Hong Kong's Wong Tai Sin Temple. Ya, berwisata sejarah seperti ini diyakini membawa keberuntungan.

3. Makan makanan keberuntungan
Makanan tahun baru cina terbagi dalam berbagai jenis. Bagi beberapa keluarga China, ikan sama seperti kalkun, yang menjadi wujud rasa terima kasih. Di Mandarin, kata ikan ('yu') terdengar seperti kata 'leftover' yang menyiratkan tahun keberkahan segera datang.

Dengan semangat lokal seperti ini, hotpot menjadi makanan pilihan favorit untuk tahun ini.

4. Tonton CCTV Gala tahun baru
Perayaan tahun baru tanpa menonton Spring Festival Gala melalui CCTV tak akan melengkapi pengalaman menarik Anda. TV ini akan menyala lima jam setiap tahun, mulai pukul 19.00 hingga tengah malam.

Banyak rangkaian acara yang ditampilkan, seperti nyanyian, tarian, akrobat, stand-up comedy, dan tentang propaganda pemerintahan. Tayangan-tayangan ini memberikan edukasi mengenai kebudayaan dan kehidupan di China.

Pertunjukan ini bisa jadi pertunjukan terbesar di planet ini karena menyedot 700 juta penonton. Jumlah ini enam kali lebih banyak dari pada penonton Super Bowl.

5. Menyaksikan pertunjukan kembang api
Kembang api dan petasan alan memenuhi langit China sepanjang perayaan tahun barunya. Di Hongkong, festival kembang api menjadi yang terbesar sepanjang tahun. Kilatan api tanpa henti selama 20 menit itu berhasil menyedot perhatian 300 ribu masyarakat dan wisatawan di sana.

Di seberang China daratan, kembang api dan petasan tidak dilarang untuk penggunaan pribadi. Jutaan lusin kembang api akan menerangi langit wilayah itu, dari ibu kota negara hingga kota-kota kecil.

Setiap tahun, Taijian County di Provinsi Guizhou merayakan Lunar New Year lima belas hari tersebut dengan tarian naga dan kembang api. Anda pasti akan takjub dengan kemeriahan itu.

6. Mengunjungi bazar di sepanjang jalan
Bazar tahun baru adalah pasar dadakan yang menjual semua kebutuhan Spring Festival seperti bunga, permen, pakaian, ornamen, dll. Bazar ini ada di sepanjang jalan dan buka hingga tengah malam sebelum tahun baru tiba.

Ada lebih dari sepuluh bazar yang bisa Anda kunjungi, dan itu hanya di Hong Kong, belum lagi di kota-kota lainnya.

7. Memperkuat cinta di Peach Blossom Festival
Spring Festival menjadi saat yang tepat untuk melihat peach blossoms, festival bunga. Peach blossom memainkan peran penting dalam tahun baru China. Mereka yang saling mencintai biasanya berdoa agar kisah cinta mereka abadi.

Wow! Sepertinya menarik ya, merayakan tahun baru China di Negeri Tirai Bambu itu.


http://www.metrotvnews.com/lifestyle/read/2013/02/08/912/129519/7-Cara-Asyik-Rayakan-Imlek

0 komentar:

Posting Komentar