Pendidikan Paket C Harus Berkualitas Standar Nasional

Pendidikan Paket C Harus Berkualitas Standar Nasional


Kualitas pendidikan non formal berbasis paket C di Limboto Kabupaten Gorontalo diharapkan mampu berkualitas standar nasional.

Ditemui Kepala SKB Limboto, Widiyanto Taniu mengatakan, dalam upaya mencapai target program Kabupaten Gorontalo cerdas tahun 2015, kualitas pendidikan non formal khususnya Paket C diharapkan dapat memenuhi standar nasional.

"Satu bukti pelaksanaan ujian nasional paket C dilaksanakan bersamaan dengan ujian umum pendidikan formal yang mulai tahun 2013," katanya, Rabu (6/2/2013).

Untuk mencapai target tersebut, tuturnya, jajaran tersebut SKB Limboto menggelar in house training (IHT) yang meliputi pembelajaran dan penilaian paket C.

"Diorientasikan dalam pemenuhan standar isi dan standar proses paket C," urainya.

Diharapkan, katanya, pembelajaran dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kebijakan penyelenggaraan Program Paket C dan peningkatan mutu pendidikan.

"Menyamakan persepsi dan pemahaman implementasi standar isi," ujarnya.

Karena itu ia sarankan, harus ada standar proses dalam pelaksanaan pembelajaran Program Paket C. "Ada menyamakan persepsi dalam penyusunan silabus dan RPP Paket C.” Urai Widi.

Ditambahkan, Kepala Dikbud Kabupaten Gorontalo Jhon Rahman,menjelaskan, sebelumnya sudah mensosialisasikan Permendikbu Nomor 3 tahun 2013 tentang kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dan penyelanggaraan ujian sekolah madrasayah pendidikan kesetaraan dan ujian nasional.

"Pelaksaan ujian nasional diselenggarakan bersamaan," tegasnya.

Menurutnya, diperlukan langkah tersebut agar keharusan pendidik dan tenaga kependidikan lembaga penyelenggara paket C memenuhi standar nasional pendidikan.

“Materi yang dibahas meliputi pembelajaran dan penilaian untuk materi tentang pembelajaran meliputi standar proses paket C," ujarnya.


http://gorontalo.tribunnews.com/2013/02/06/pendidikan-paket-c-harus-berkualitas-standar-nasional

0 komentar:

Posting Komentar