Fuya Kain Kulit Kayu Terhalus di Dunia

Fuya Kain Kulit Kayu Terhalus di Dunia 


Indonesia tak kalah dengan negeri mode di dunia lainnya. Lihat saja, ada pakaian terbuat dari kulit kayu dengan mutu yang ternyata paling halus di dunia. Pakaian itu disebut Fuya yang berasal dari bahasa Kaili, Sulawesi Tengah, berarti selimut atau sarung.

Kerajinan tenun tak begitu dikenal di kalangan masyarakat Sulawesi Tengah. Lalu mereka membuat pakaian dari kulit pohon mulberi atau ivo. Bahan tersebut kemudian direbus, lalu dipukul-pukul hingga menjadi semacam kertas tipis. Setelah itu bahan dijahit hingga menjadi pakaian atau selimut yang memiliki warna dasar putih. Sementara warna coklat berasal dari kulit pohon beringin. Proses penggarapan ini rata-rata selesai dalam tiga hari.

Kertas selain bisa dijadikan sebagai bahan pakaian juga dapat dipakai untuk materi pembuatan wayang beber dan lukisan kamasan Bali. Fuya kini masih dibuat oleh sekelompok kecil masyarakat di lembah Bada di sekitar Taman Nasional Lore Rindu. Alat pemukul yang disebut ike dari batu diperoleh secara turun temurun dari nenek moyang mereka yang ketika itu hidup pada zaman batu muda, diperkirakan 4000 tahun silam.

Sayang generasi muda sekarang enggan meneruskan budaya dan tradisi yang hampir punah ini karena dinilai tidak menguntungkan secara ekonomis


http://gayahidup.liputan6.com/read/412685/indonesia-punya-fuya-kain-kulit-kayu-terhalus-di-dunia

0 komentar:

Posting Komentar