Muhammadiyah Mulai Berdakwah dengan Seni

Muhammadiyah Mulai Berdakwah dengan Seni


Setelah  mendengarkan teleconference dari Jakarta, para tamu yang datang dari seluruh Jawa Timur kembali menyaksikan pewayangan di DOME UMM, Minggu (18/11/2012).

Pewayangan yang disampaikan berjudul pandawa ngaji dengan dalang wakil ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, prof. Dr. Imam Rohbandi. "Pewayangan ini menceritakan tentang sejarah dibentuknya Muhammadiyah," ujar Nasrullah, Humas Unversitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Menurutnya, pewayangan ini berbeda dengan pewayangan lainnya, karena tidak mencampurkan unsur magic di dalamnya.
Dalam perayaan satu abad muhammadiyah ini, ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Thohir Luth mengatakan adanya wayang di acara peringatan satu milad muhammadiyah ini untuk membantah jika Muhammadiyah tidak bisa berdakwah dengan seni.

"Dari sini, kami ingin menunjukkan jika Muhammadiyah mulai berdakwah dengan seni," tegasnya. Menurutnya, dengan pewayangan ini kami ingin menyampaikan pesan-pesan moral keislaman.

Dalam perayaan ini, Kata Thohir Luth  sama seperti haji wada'. "Kalau sekarang kita sudah berumur lanjut, belum tentu bisa merayakan satu abad setelahnya ini," ujarnya.

Untuk itu, ia menegaskan, kesempatan yang ada ini harus digunakan untuk membangun perserikatan diantara warga Muhammadiyah.
Setelah milad ini, Muhammadiyah Jatim mempunyai agenda besar, yakni militansi kegiatan pembebasan, militansi kegiatan pemberdayaan, dan militansi kemajuan dalam rangka membangun muhammadiyah yang mandiri.

Diantara yang akan dilakukannya adalah mendorong semua sektor untuk bisa memberikan prestasi amal. "Di bidang kesehatan misalnya, kami akan meningkatkan kinerja rumah sakit Muhammadiyah," ujar guru besar fakultas Hukum Universitas Brawijaya ini.

Syaifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jatim memberikan pesan, Muhammadiyah harus selalu SRI, yakni Syukur, Rukun, dan selalu berinovasi. "Dalam berdakwah, memang selalu harus berinovasi karena masyarakat selalu berkembang," ujarnya.


http://surabaya.tribunnews.com/2012/11/18/muhammadiyah-mulai-berdakwah-dengan-seni

0 komentar:

Posting Komentar