Mandi Uap Sebabkan Pria Tidak Subur

Mandi Uap Sebabkan Pria Tidak Subur


Ketidaksuburan atau infertil di kalangan kaum lelaki mengalami peningkatan cukup signifikan yakni mencapai 40-50%. Kondisi ini dialami lelaki di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dan harus diwaspadai ternyata salah satu penyebab ketidaksuburan dikarenakan penggunan celana yang ketat serta kerap melakukan sauna atau mandi uap panas.

Dr Susan Melinda SpOG, dokter spesialis kandungan dan kebidanan RS Melinda (Melinda Hospital) mengatakan,  ketidaksuburan yang dialami lelaki disebabkan oleh sejumlah faktor di antaranya penggunaan celana ketat serta seringnya melakukan sauna atau kerap melakukan kegiatan yang berhubungan dengan suasana panas. Kedua faktor ini dari hasil penelitian menyebabkan sperma tidak bagus.

"Selain itu, penyebab lainnya seperti life style dan makan makanan yang tidak sehat," katanya pada acara diskusi tentang Bayi Tabung di Jalan Hasanudin, Bandung Kamis (13/9/2012).

Menurutnya, seorang lelaki bisa memiliki sperma diatas 20 juta. Dan untuk membuahi satu sel telur dibutuhkan 50.000 hingga 100.000 sperma. Nantinya dari banyaknya sperma tersebut, hanya satu yang akan membuahi sel telur.

"Jadi masalah infertil bisa ditangani. Kita lihat dulu, apa penyebab ketidaksuburan ini. Bila sepasang suami istri tidak juga memiliki anak, cek masing-masing. Permasalahannya dimana," katanya.


http://www.tribunnews.com/2012/09/14/mandi-uap-bisa-sebabkan-pria-tidak-subur

0 komentar:

Posting Komentar