Indonesia Donasikan Bantuan untuk Rakyat Korea Utara

Indonesia Donasikan Bantuan untuk Rakyat Korea Utara 


Pemerintah Indonesia memberikan donasi sebesar USD2 juta melalui Badan PBB bidang penyaluran pangan, World Food Programme (WFP) kepada Republik Demokratik Rakyat Korea.

Sebagaimana di wartakan oleh Clara Lila Damayanthi, Senior Public Information Assistant WFP bahwa donasi Indonesia yang disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merupakan kontribusi tunai pertama pemerintah RI melalui operasional WFP dan dana yang didonasikan di gunakan untuk membeli 1,465 metrik ton minyak sayur.

Selain dalam bentuk pembelian minyak sayur, donasi tersebut juga akan digunakan untuk memfasilitasi produksi makanan bergizi khusus lainnya seperti Super Cereals dan biskuit berfortifikasi, cukup untuk menjamin ketersediaan pangan satu juta anak selama periode waktu lebih dari enam bulan.

Menurut Menteri Koordinasi Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono mengatakan bahwa cara efektif yang tepat untuk membantu anak-anak dan perempuan yang mengalami rentan pangan di Korea Utara adalah melalui WFP.

"Kami tahu bahwa salah satu cara yang paling efektif untuk membantu anak-anak dan perempuan yang mengalami kondisi rentan pangan di DPRK adalah melalui WFP. Kami senang dapat mendukung pelaksanaan operasional WFP dalam menyediakan makanan yang tepat pada waktu yang tepat kepada mereka yang membutuhkan, dan membantu memberikan kepada setiap anak di negara tersebut, kesempatan untuk menjalani kehidupan yang penuh, bebas dari ancaman kekurangan gizi." ucapnya.

Sebagai Informasi, Misi operasional WFP di DPRK saat ini adalah berupaya untuk memerangi bahaya kelaparan yang terus mengancam dan gizi buruk di kalangan anak-anak dan perempuan, serta berupaya untuk dapat memulihkan dan membangun kembali mata pencaharian mereka.

WFP menargetkan agar donasi tersebut dapat digunakan untuk membantu sekitar 2,4 juta jiwa, terutama kaum perempuan dan anak-anak - serta keluarga-keluarga yang mengalami rentan pangan - di daerah-daerah yang paling terancam ketersediaan pangannya di negara tersebut. Sementara itu Coco Ushiyama, Perwakilan WFP Indonesia mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah RI atas donasinya dan dapat terus bekerjasama erat dengan pemerintah Indonesia dalam upaya pencapaian ketahanan pangan dan gizi baik di Indonesia maupun secara global

"WFP sangat berterima kasih atas donasi Pemerintah Republik Indonesia melalui pelaksanaan operasional kami di DPRK, hal ini merupakan perwujudan nyata hubungan kemitraan kami yang semakin berkembang. Kami berharap dapat terus bekerja sama erat dengan Pemerintah Indonesia dalam upaya pencapaian ketahanan pangan dan gizi, baik di Indonesia maupun secara global."ucapnya.

Sebagai informasi, WFP telah mendapatkan akses dalam upaya pengawasan ketat pada pelaksanaan operasionalnya di DPRK, termasuk izin langsung untuk mengakses semua bagian dari rantai operasional, akses ke pasar dan toko-toko yang dimiliki negara, serta penggunaan jasa staf lokal berbahasa Korea.


http://www.pedomannews.com/sosial-budaya/16328-indonesia-donasikan-bantuan-untuk-rakyat-korea-utara

0 komentar:

Posting Komentar