Mobil Berbahan Bakar Minyak Sayur Coba Pecahkan Rekor

Mobil Berbahan Bakar Minyak Sayur Coba Pecahkan Rekor


Siapa bilang kalau mobil yang mengkonsumsi bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan tidak bisa berlari kencang? Sekelompok orang dari Boise State University pun membuktikan hal tersebut dengan merancang mesin yang meminum bahan bakar dari minyak sayur alias biofuel agar bisa melarikan mobil dengan kencang.

Adalah Dave Schenker yang setelah 15 tahun bekerja kemudian masuk kampus kembali. Sejak tiga tahun lalu masuk kampus, Schenker pun membentuk kelompok belajar bernama Greenspeed untuk menciptakan mesin kencang tapi ramah lingkungan.

Dan beberapa hari lalu, Greenspeed pun memperlihatkan hasil kerja mereka di Washington auto show. Berbekal mobil pikap Chevrolet S-10 lansiran tahun 1998 mereka berambisi untuk memecahkan rekor kecepatan kendaraan yang menggunakan vegetable oil yang saat ini tercatat berada di angka 346 km/jam.

"Bagi saya, itu sangat penting untuk belajar. Ini telah menjadi mimpi saya selama 10 tahun. Lingkungan akademik benar-benar menjadi tempat di mana saya bisa mewujudkannya," kata Schenker seperti detikOto kutip dari New York Times, Senin (30/1/2012).

Mobil ini sendiri baru akan dites untuk memecahkan rekor kecepatan tersebut pada bulan Agustus mendatang di padang garam Bonneville di Utah di Amerika Serikat.

"Salah satu tujuan utama kami adalah untuk meningkatkan kesadaran akan potensi bahan bakar alternatif," ujar Schenker.

Teknologi yang diciptakan tim ini cukup rumit. Salah satunya adalah bahwa minyak sayur harus lebih dahulu dipanaskan sampai 185 derajat untuk mencapai viskositas minyak bumi berbasis bahan bakar.

"Ini adalah apa yang saya ingin lakukan untuk sisa hidup saya," tandasnya.


http://oto.detik.com/read/2012/01/30/090124/1828911/1207/mobil-berbahan-bakar-minyak-sayur-coba-pecahkan-rekor?hlutama

0 komentar:

Posting Komentar