Syarat Pertumbuhan Balita Optimal

Syarat Pertumbuhan Balita Optimal


Ada tiga syarat utama supaya bayi dan Balita dapat mencapai tumbuh kembang secara optimal.

Ketua Divisi Tumbuh Kembang-Pediatri Sosial dari Departemen Kesehatan Ank FKUI-RSCM, dr. Soedjatmiko, Sp.A(K). MSi, memaparkan perlunya kebutuhan fisik, kebutuhan asih dan kebutuhan asah.

Soedjatmiko mengemukakan hal tersebut dalam Konferensi Keluarga Cerdas yang diadakan oleh Frisian Flag di Jakarta, Jumat.

Dia memaparkan, kebutuhan fisik-biologis termasuk ASI, nutrisi, imunisasi, bahkan lingkungan tempat tinggal juga menentukan perkembangan anak.

"Kebutuhan fisik ini berpengaruh pada pertumbuhan fisik termasuk otak, alat penginderaan dan alat gerak untuk mengeksplorasi lingkungannya," katanya.

Di samping itu, kebutuhan asih berupa perasaan dilindungi, rasa aman dan nyaman, diperhatikan serta dihargai, didengar keinginan dan pendapatnya.

"Jangan mengutamakan hukuman dengan kemarahan, namun lebih banyak memberikan contoh-contoh dengan pengaruh kasih sayang dan kegembiraan. Ini adalah kebutuhan yang besar pengaruhnya pada kemandirian dan kecerdasan anak," ujar Soedjatmiko.

Sementara itu, kebutuhan asah yang berupa berbagai permainan yang merangsang semua indera. Kebutuhan stimulasi bermain sejak dini akan besar pengaruhnya pada berbagai kecerdasan anak atau multiple intelejen, ujar Soedjatmiko.

Dia menambahkan bahwa ketiga kebutuhan pokok tersebut harus diberikan secara bersamaan sejak janun di dalam kandungan karena akan saling berpengaruh.


http://www.antaranews.com/berita/313720/tiga-syarat-pertumbuhan-balita-optimal

0 komentar:

Posting Komentar