Tata Motors Kembangkan Komponen dari Tepung Maizena

Tata Motors Kembangkan Komponen dari Tepung Maizena


Siapa bilang tepung maizena hanya bisa digunakan untuk bahan masakan. Raksasa otomotif India, Tata Motors telah mengembangkan suatu inovasi dengan membuat bagian tubuh kendaraan menggunakan bahan yang berasal dari jagung yang dikenal sebagai bahan makanan rendah nutrisi.

Dilansir Motorbeam, prestasi teknikal ini telah dilakukan oleh R&D (Research & Development) Centre Tata Motors. Tim yang bermarkas di Pune, Lucknow dan Jamshedpur menggunakan tepung maizena untuk meningkatkan aspek keselamatan pada kendaraan.

Berdasarkan laporan tim R&D, tepung jagung merupakan bahan yang tidak mudah terbakar dan tidak beracun dan apabila digunakan pada bagian body yang elastis mampu menahan tekanan lebih apabila terjadi benturan dibandingkan dengan lembaran logam konvensional.

"Pada setiap titik waktu tertentu, R&D bekerja untuk mengembangkan beberapa ide untuk masa depan. Dan ini adalah salah satu dari mereka. Kami memiliki proses terstruktur dalam mengambil ide melalui beberapa tahapan untuk menentukan kelayakan mereka. Oleh karena itu masih terlalu dini bagi kami untuk lebih spesifik seperti sekarang," terang sumber Tata Motors.

Saat ini, Tata Motors dikabarkan telah membuat kendaraan prototipe yang telah menggunakan tepung maizena dan sedang uji tabrakan.

Selain Tata Motors, pabrikan Ford juga pernah membuat suatu terobosan dengan menggunakan bahan daur ulang. Saat itu Ford berencana menggunakan bahan dari celana jeans daur ulang sebagai bahan penyerapan dan material karpet.


http://autos.okezone.com/read/2012/03/02/52/586142/tata-motors-kembangkan-komponen-dari-tepung-maizena

0 komentar:

Posting Komentar