Langkah Mudah Mengirit BBM

Langkah Mudah Mengirit BBM


PEMBATASAN harga BBM yang akan mulai diberlakukan untuk kendaraan dengan cc diatas 1500 membuat para pemilik mobil "siaga", takut penggunaan bahan bakarnya mau tak mau beralih dari premium ke pertamax yang harganya lebih mahal.

Menyikapi hal tersebut, beberapa tips berikut ini akan memberikan solusi untuk menghemat BBM. Agar penggunaan BBM yang mahal menjadi tidak sia-sia.

Pertama, Kendaraan sebaiknya diperiksa secara rutin oleh pengendara atau pemiliknya. Hal ini bertujuan agar kendaraan terawat dan terjaga kondisinya.

Kedua, lebih baik menggunakan ban yang memiliki rolling resistance rendah. Semakin rendah rolling resistance, makan semakin kecil hambatan yang diterima. Kemudian sesuaikan tekanan angin ban dengan benar (tire placard), tekanan angin ban yang kurang akan membuat ban bekerja lebih berat dan berakibat boros BBM.

Ketiga, Sebisa mungkin bawa barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan saja, hal tersebut agar masa kendaraan tidak berat.

Keempat, jangan gunakan AC secara terus menerus, karena akan menambah beban kerja mesin kendaraan. Posisikanlah temperatur AC sesuai kebutuhan saja. Pergunakan pula kaca film, karena dapat menolak panas secara maksimal.

Kelima, berkendaralah dengan santai saja, agar terhindar dari perilaku yang agresif dan pengendara dapat mengontrol kendaraan secara benar. Atur waktu keberangkatan perjalanan, ambil pilihan jalan yang terbaik yang minim hambatan (macet, rusak dan lain-lain), lakukan menginjak dan melepas pedal akselerator secara bertahap/lembut. Lakukan setiap perpindahan gear pada 2500 rpm, atur kecepatan kendaraan dengan mengedepankan keselamatan serta kurangi melakukan manuver-manuver yang ekstrem

Ingat! Modifikasi disini tidak dilarang pada eksterior, mesin dan interior kendaraan Anda, asal mempertimbangkan aspek proporsional dan fungsional yang dapat membantu pemghematan BBM.


http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/otomotif/2012/05/01/122/Langkah-Mudah-Mengirit-BBM

0 komentar:

Posting Komentar