Nutrisi untuk Otak Sehat dan Aktif

Nutrisi untuk Otak Sehat dan Aktif


Makanan ternyata memiliki pengaruh besar bagi kesehatan bagi otak. Karenanya, cerdas memilih asupan terbaik yang dikonsumsi menjadi langkah tepat untuk memaksimalkan kerja otak.

Siapa yang tidak mau memiliki tubuh dan pikiran yang sehat? Tentu semua orang menginginkannya. Untuk mewujudkan hal tersebut, latihan fisik biasanya menjadi jalan yang ditempuh banyak orang. Yoga misalnya, banyak dipilih menjadi agenda olahraga karena sifatnya yang dapat menenangkan  pikiran dan tubuh Anda. Selain itu, Anda pun dapat membarenginya dengan asupan sehat yang dapat mengaktifkan sekaligus menyehatkan otak Anda. Berikut ini beberapa makanan penyokong kesehatan otak agar senantiasa aktif dan berfungsi dengan baik.

Vitamin B Kompleks

Makanan yang mengandung vitamin B kompleks dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Vitamin B kompleks bisa didapatkan pada makanan-makanan seperti kentang, kacang, brokoli, bayam, jamur, produk kedelai terutama kacang kedelai, buah bit, pisang, telur serta kacang almond.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum, sereal, roti gandum, dan beras merah adalah makanan sehat untuk otak. Makanan ini meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan kesadaran mental.

Asam lemak Omega 3

Untuk memiliki daya ingat yang kuat dan kemampuan berkonsentrasi tinggi Anda dapat membantunya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3.

Asam lemak Omega 3 juga mengontrol depresi dan stres. Minyak ikan sangat kaya akan asam lemak omega 3. Ini meningkatkan memori dan juga meningkatkan konsentrasi. Minyak zaitun, bawang putih, ikan tuna, kalkun, salmon, telur, nasi, sereal dan pasta juga kaya asam lemak omega 3.

Karbohidrat

Makanan seperti beras merah, apel, pisang, kismis, biji-bijian dan kecambah yang kaya karbohidrat juga membantu kinerja otak untuk berfungsi dengan baik. Glukosa yang terdapat pada karbohidrat berfungsi otak berenergi dan berkonsentrasi.


http://health.okezone.com/read/2012/03/31/486/603205/empat-nutrisi-ini-bikin-otak-sehat-aktif

0 komentar:

Posting Komentar