Waspada Hujan Bagi Pengendara Motor

Waspada Hujan Bagi Pengendara Motor

 
SEDIA payung sebelum hujan. Hujan deras disertai angin kencang yang sering melanda beberapa waktu belakangan tentu saja bukan menjadi halangan untuk beraktifitas. Apalagi bagi orang-orang yang selalu menjadikan motor sebagai tunggangan andalan untuk beraktifitas.

Menjadi suatu keharusan bagi kita untuk lebih memperhatikan tunggangan kita dikala musim hujan yang selalu menerpa sepanjang hari, agar tunggangan selalu dapat menjadi andalan saat beraktifitas. Bebas mogok dan ngadat.
Maka apa saja hal pokok yang harus diperhatikan.
Pencahayaan
Sistem pencahayaan merupakan suatu yang utama. Sistem pencahayaan harus selalu dalam kondisi mumpuni. Sinar lampu menjadi teramat sakral ditengah lebatnya guyuran hujan. Baik lampu depan maupun belakang harus terang. Cahaya bisa makin redup karena kabut dan cuaca mendung serta karena permukaan lampu ditutupi kotoran.
Bersihkan mika lampu yang kusam dengan menggunakan air sabun. Juga jangan lupakan karet pelindung sambungan mika dengan rumah reflektor agar air kotor tidak ikut nyelonong masuk.
Buat motor bebek pastinya bila melewati genangan air, menjadi bagian yang kerap kali diterjang air. Tapi di tipe skubek, bagian ini terlindungi cover bodi. Begitu juga pacuan sport yang letak businya cenderung berada di posisi mesin atas.
Untuk tipe bebek bisa diatasi cable tie atau dbungkus dengan isolasi pada bagian kepala. Sebab, jika air masuk, pastinya arus listrik tidak mampu menghantar sempurna.
Rem
Perhatikan kinerja rem depan dan belakang. Dengarkan ada suara yang terdengar saat mengerem, berdecit atau tidak. Jika iya itu artinya permukaan kampas rem sudah licin dan perlu perawatan. Jika fungsinya dirasa kurang baik, periksa juga ketebalan rem dengan melihat langsung tebal kampas rem cakram. Jika memang sudah terlalu tipis, segera lakukan penggantian rem motor.
Ban
Pasang tutup pentil di ban karena part ini akan mencegah masuknya kotoran dan juga berfungsi sebagai penyekat tambahan saat air menerobos masuk.
Kalau memakai ban tubeless usahakan saat mengganti ban dengan baru, ganti juga pentilnya karena pada pentil terdapat O ring yang dibuat dari karet. O ring ini akan berubah sifat kekerasan dan elastisitasnya seiring waktu pemakaian.
Hal-hal kecil inilah yang penting diperhatikan performanya untuk menjamin faktor keamanan saat hujan deras mengguyur.


http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/otomotif/2012/01/30/58/Berkendara-Saat-Hujan-Waspadai-Hal-Berikut-Ini

0 komentar:

Posting Komentar