Bola-bola Beton untuk Halau Penumpang di Atas Kereta

Bola-bola Beton untuk Halau Penumpang di Atas Kereta


Gawang bola-bola dari beton untuk menghalau penumpang di atap kereta api (atapers) dipasang di perlintasan KA proyek Bekasi. 10 Pekerja memasang gawang yang berisi bola kira-kira sebesar bola tenis itu.

Pantauan detikcom, Selasa (17/1/2012) siang, 10 tenaga kerja memasang gawang yang di atasnya diganduli masing-masing 12 bola dari beton di dua ruas rel kereta api. Pemasangan itu dilakukan di jalur kereta Bekasi-Cikampek di KM 27.

Bola beton itu beratnya kira-kira 3 kg per biji dengan diameter 10 cm. Sedangkan bentang gawang di dua ruas rel kereta yakni 12,5 meter, tinggi gawang 4,5 meter, jarak dari gawang ke atap kereta 1 meter, dan jarak dari bola beton ke kereta 25 centimeter.

Humas Daops I PT KAI Mateta Rizalulhaq mengatakan, nantinya di tiap perlintasan yang akan menuju bola beton akan ada seorang petugas yang mengingatkan masinis untuk memperlambat kereta. Sebab ketika melaju kencang bisa berakibat fatal pada kereta.

Jalur kereta Bekasi-Cikampek bukan jalur kereta listrik melainkan diesel. Mateta yakin pemasangan gawang bola dari beton akan membuat penumpang di atap kereta kapok melakukan aksi nekatnya.

"Untuk pagi dan pulang kerja memang banyak penumpang di atas tapi tidak seramai di jalur Jakarta-Kota. Di Jakarta-Kota akan dipikirkan cara lain," kata Mateta.

Mateta menambahkan, pemasangan gawang bola beton akan dilanjutkan di dekat Stasiun Tambun dan Stasiun Cikarang dalam waktu dekat.


http://www.detiknews.com/read/2012/01/17/135200/1817688/10/bola-bola-beton-seberat-3-kg-dipasang-untuk-halau--atapers--ka

0 komentar:

Posting Komentar