Tomat Pengusir Stress dan Depresi

Tomat Pengusir Stress dan Depresi


Mengkonsumsi tomat beberapa kali seminggu ternyata bisa menghalangi peluang terkena depresi, demikian diungkapkan hasil sebuah studi. Para ilmuwan menganalisis catatan kesehatan mental dan kebiasaan diet dari sekitar seribu wanita dan pria berusia 70 tahun atau lebih.

Hasilnya menunjukkan mereka yang mengkonsumsi tomat dua hingga enam kali seminggu ternyata 46 persen lebih cenderung tidak terkena depresi dibandingkan yang hanya mengkonsumsi kurang dari itu.

Hasil studi ini juga menemukan bahwa konsumsi buah lain ternyata tidak memberikan manfaat yang sama. Mengkonsumsi buah-buahan sehat seperti kol, wortel, bawang, dan labu tidak memberikan atau hanya sedikit memberikan efek kesehatan psikologis.

Tomat merupakan buah kaya antioksidan yang diduga bisa melindungi diri dari berbagai penyakit. Secara khusus, tomat merupakan sumber lycopene, antioksidan yang membuat warna merah dan terkait dengan penurunan risiko kanker prostat dan serangan jantung.

Sebuah tim peneliti dari Cina dan Jepang yang dipimpin oleh Dr. Kaijun Niu dari Tianjin Medical University di Cina, meneliti laporan awal bahwa lycopene kemungkinan juga memberikan dampak psikologis dan fisik karena menurunkan kadar stres, atau kerusakan pada sel-sel otak.

Tim tersebut menganalisis data kesehatan mental dan kebiasaan diet dari sekitar seribu orang tua di Jepang, baik pria maupun wanita, yang berusia 70 tahun atau lebih. Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Affective Disorders menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi tomat sebanyak dua hingga enam kali per minggu mengalami penurunan risiko hingga 46 persen. Mengkonsumsi tomat setiap hari bahkan menurunkan risiko depresi hingga 52 persen.

Menurut situs Daily Mail, 4 Desember 2012, sekitar 20 persen orang menderita depresi dalam skala tertentu dalam hidup. Yang lebih banyak terkena depresi adalah wanita. Orang berusia lebih berisiko terkena depresi karena dampak dari mood penurunan kesehatan, rasa kehilangan, dan kesepian.

Para konsumen di Inggris mengkonsumsi sekitar setengah juta ton tomat per tahun atau sama dengan jumlah 19 pon per orang per tahun. Namun, angka itu tetap lebih rendah dibandingkan dengan konsumsi masyarakat di negara-negara Mediterania.


http://www.tempo.co/read/news/2012/12/07/060446582/Tomat-Bisa-Mengusir-Depresi

0 komentar:

Posting Komentar