Nasi Putih Tingkatkan Risiko Diabetes

Nasi Putih Tingkatkan Risiko Diabetes


Mengkonsumsi nasi putih secara rutin kemungkinan akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi nasi putih tiga atau empat kali per hari cenderung terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang hanya makan nasi putih satu atau dua kali seminggu.

Para ahli memperkirakan risiko diabetes meningkat 11 persen setiap kali terjadi kenaikan jumlah asupan nasi putih setiap hari. Namun demikian, seperti dikutip laman LiveScience edisi 16 Maret 2012, penelitian ini hanya menunjukkan sebuah hubungan, bukan hubungan sebab-akibat.

Dalam studi ini, para peneliti dari Harvard School of Public Health di Boston, Amerika Serikat meneliti empat hasil studi sebelumnya yang mengamati hubungan antara makan nasi putih dan risiko diabetes tipe 2. Dua di antaranya dilakukan di negara Asia (Cina dan Jepang) dan dua lainnya di Amerika dan Australia.

Mereka ingin tahu apakah hubungan antara makan nasi putih dan berkembangnya diabetes lebih kuat terjadi di antara orang Asia yang cenderung makan lebih banyak nasi putih ketimbang orang Barat.

Hasil studi tersebut melibatkan sekitar 352 ribu orang repsonden. Lama studi bervariasi, antara empat dan 22 tahun. Studi ini menunjukkan tak satu responden terkena diabetes saat penelitian dimulai. Tapi setelah penelitian berlangsung, sebanyak 13.284 orang diketahui terkena diabetes. Hasil temuan ini dipublikasikan di British Medical Journal (BMJ) edisi 15 Maret 2012.

Hubungan antara meningkatnya konsumsi nasi putih dengan risiko diabetes ditemukan di negara Asia maupun negara Barat walaupun hubungan ini lebih kuat terjadi di negara Asia. Para ilmuwan juga menemukan bahwa hubungan tersebut lebih kuat terjadi di kalangan wanita ketimbang pria.

Para peneliti mengatakan nasi mempunyai indeks glycemic (kadar karbohidrat dalam darah) yang tinggi, yang berarti tubuh dengan cepat mengkonversi karbohidrat dalam nasi menjadi glukosa. Indeks glycemic dari nasi putih sekitar 64 pada skala 100 (Sebagai perbandingan data dari Harvard, es krim mempunyai indeks glycemic 61, jus jeruk 50). Para ilmuwan mengatakan nasi putih mengandung lebih sedikit nutrisi ketimbang nasi merah.


http://www.tempo.co/read/news/2012/03/19/060391179/Konsumsi-Nasi-Putih-Tingkatkan-Risiko-Diabetes

0 komentar:

Posting Komentar