Pemodal China Bangun Pabrik Semen di Papua Barat

Pemodal China Bangun Pabrik Semen di Papua Barat


Investor asal China mengincar investasi di wilayah timur Indonesia. Saat ini, investor China yang bernaung di PT State Development and Investment Corporation (SDIC) berniat membangun tiga proyek sekaligus, yakni pabrik semen, pelabuhan, dan pembangkit listrik di Manokwari, Papua Barat.

Deputi Perencanaan Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Tamba P. Hutapea mengatakan, ibukota Papua Barat itu memang belum memiliki pabrik semen. Dia berharap rencana SIDP China senilai Rp 3,2 triliun itu bisa terealisasi sehingga bisa menyerap sekitar 1.100 tenaga terja dari penduduk lokal.

Pabrik semen tersebut direncanakan melakukan ground breaking di Manokwari paling lambat pada semester kedua. Nantinya, pabrik ini ditargetkan menghasilkan 3 juta ton semen per tahun. “Tahap pertama sebesar 1,5 juta ton,” katanya, Senin (20/2/2012).

Tamba mengatakan, investor China itu juga akan membangun pembangkit listrik dan pelabuhan yang terintergrasi. Untuk merealisasikan pembangunan ini, SDIC membutuhkan 56 hektare lahan yang terdiri dari 28 hektare untuk pabrik semen, 12 hektare untuk pembangkit listrik, dan sisanya 16 hektare untuk membangun pelabuhan. “Itu sudah difasilitasi pemerintah provinsi Papua Barat,” kata dia.


http://www.tribunnews.com/2012/02/21/pemodal-china-bangun-pabrik-semen-di-papua-barat

0 komentar:

Posting Komentar