Cara Gampang Kendalikan Amarah

Cara Gampang Kendalikan Amarah 


ANDA yang gampang naik darah, sekarang bisa berlatih cara mengendalikan diri dengan mudah. Cuma dengan menggunakan tangan yang keliru untuk kegiatan sehari-hari.

Orang yang biasa menggunakan tangan kanan, biasakanlah memakai tangan kiri alias jadi kidal saat menggunakan mouse komputer, mengaduk minuman, membuka pintu dan hal lain yang tidak membahayakan. Bagi yang kidal, gunakan tangan kanan.

Setelah dua pekan latihan, Anda sudah mampu mengendalikan emosi agar tidak mudah meledak. Menurut Thomas Denson dari University of New South Wales, melatih pengendalian diri sama seperti melatih keterampilan main piano atau golf.

Dalam studi yang dilakukan Denson, orang yang mulai menggunakan tangan yang salah atau non-dominan, dalam dua pekan akan lebih mampu mengendalikan emosi. Hasil penelitian telah dimuat di jurnal Current Directions in Psychological Science.

Menurut Denson, menggunakan tangan non-dominan untuk beraktivitas, membuat orang melatih pengendalian diri karena nalurinya selalu ingin menggunakan tangan dominan.

Denson dan timnya mengutip kesimpulan para kriminolog dan sosiolog yang menyebut bahwa kasus kekerasan terjadi ketika ada kesempatan dan kurangnya kemampuan mengendalikan diri.

"Orang yang agresif pastinya ingin mengendalikan diri, tapi mereka kurang mampu. Coba saja pasang monitor untuk melihat aktivitas otaknya lalu hina mereka, maka bagian otak mereka yang mengatur pengendalian diri justru lebih aktif dibandingkan orang yang tidak agresif."

Denson juga memberi nasihat, pada awalnya, latihan menggunakan tangan non-dominan justru akan memancing emosi. "Tapi jika berlatih terus dalam jangka waktu lama, anda akan punya kemampuan untuk mengendalikan diri. Ini sama seperti latihan untuk semua hal, awalnya selalu sulit, namun selanjutnya akan semakin mudah."


http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/03/12/84681/Cara-Gampang-Kendalikan-Amarah/11

0 komentar:

Posting Komentar